Senin, 05 Maret 2012

Jiwa (First Day)

Koas first day:

Kesan: capeeeeee, berkesan, gak jelas.

Paginya kita absen jam 7 di jiwa, lanjut pengarahan di IPD lantai 5 (yg naeknya pake tangga) smp jam 10, lanjut kuliah etik dlm ilmu kesehatan jiwa.

Sebenernya (seharusnya) psikiatri itu stase yang santai kaya di pantai (katanya). Tapi gara2 di sub sub grup (jadi dr subgrup dipecah lagi) saya g ada anak 07 yg udah ngerti medan, akhirnya kita si koas2 nan cupu ini BINGUNG ngapain. Jadi kita ngulik sendiri semuanya.

Kita g ngerti konsep BST, CRS, CSS. dan yang lebih bikin zong-nya lagi adalah dapet perseptor yang sibuk dan terlalu ngebebasin. BST harusnya bareng perseptor, beliau g bisa janjiin. Begitupun CRS. Pas ditanya CSSnya mau apa beliau jawab "ya terserah kalianlah cari aja topik yang menarik" PUHLEAAAASE. *brb meronta2 terus diiket dimasukin ruang isolasi bangsal jiwa*

Akhirnya kita masuk bangsal jiwa dan nyari pasien. Subhanallah, masuk bangsal jiwa berkesan PISAN. Ketemu orang-orang yang unik. Antara lucu dan...sedih. Ada yg halusinasi auditori plus make narkoba (yang saya pun g bisa bedain mana yg bener mana yg nggak. Meyakinkan pisan), ada yg nganggep dirinya macan, ada yg kerjaannya berdiri di kasur dua tangan ke atas (dia akhirnya dibawa ke ruang isolasi dn diiket), ada yang bengong bolak-balik g jelas, ada yg stres berat karena nembak cewek terus dia belum ngungkapin 100% isi hatinya (mun cek abdi mah nya udah weh bilang aja lagi kenapa harus jadi stress -,-), ada yg buang air besar di kasur dan dia setiap kita lewat minta uang seribu buat nyuci kain, dan banyak lagi.

Sedih liatnya beneran.

Di bangsal jiwa juga ada meja pingpong dan tv. Disana juga kita main gitar dan nyanyi bareng berinteraksi sm orang2.

Keluar dari bangsal jam 12an. Harusnya jam 12-1 itu kita istirahat, tapi diminta perseptoran (bimbingan yang jadi first priority di koas) langsung, jadi g pake istirahat. Beres perseptoran jam 2an dan langsung sholat dzuhur. Keluar ruangan perseptoran langsung berasep semua. Abis shalat & makan, lanjut absen sore plus diskusi di perpus jiwa lantai 3 (bangsal di lantai 1-nya). Pokoknya bolak-balik terus laaah~

Kenapa cape ya?
Nyampe kostan jam 17.30 langsung tewas. -,-

Uogh. Nabung energi buat malem ini ngerjain tugas dari residen T.T dan besok harus follow-up pasien pagi2 jam7.

Semangaaaat!

*alhamdulillah kelompoknya seru! Hahaha :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar