Postingan

Menampilkan postingan dari November, 2011
Hari ini... perasaan gak puas-nya kental. Bukan hanya di score, tapi etos kerja saya di hal2 lain juga. Hem ha hem. Bagian perut saya yg dijahit abis score tadi sakit lagi, otot2nya ketarik dan semacam yah semacam linu *senyum lebar*. Ini kayaknya gara2 terlalu motil deh, curiga. Dokter bilang no severe exercise sampe sekitar 2 bulan, soalnya kalo appendicitis kan otot-nya dipotong gitu, dan waktu otot untuk tumbuh agak lama. dan sejak hari jumat kemaren kerjaan saya naik turun tangga, ngangkat2 kursi, loncat-loncat dan segenap kegiatan nan tidak bisa diam yang lainnya. Huhuhu. :'(
semunyut! \m/

November-Desember : menggebu! (3)

Gambar
ini lagu kaya sugesti pribadi: overjoyed. (dan lagu favorit sepanjang masa~~) gak peduli apapun gimanapun, bahagia!
ini postingan sekaligus juga respon buat ucapan selamat dari sobat musiman saya, bang Jenggi calon pres-bem (yang katanya poin suaranya unggul di prama) yang entah karena apa ngasih selamat juga saya g ngerti. bahkan score mulai aja belom -______-"
tapi kalau mau ngasih selamat ya Jeng (plus balon spongebob juga saya g keberatan), ntar aja pas desember akhir kalo skripsi beres, marawis 4 keren, score sukses, dan kerjaan buku selesai. (kurikulum kemahasiswaan g masuk dulu ke list-deh soalnya masalah advokasi). dan pas kalo semua itu selesai, dan tanggungjawab saya yang lain g keteteran, dan udahannya masih bisa senyum tulus g pake maksain diri. *hahaha banyak amat ya syarat-nya. 
Semoga Allah mudahkan. *genjot!* NOVEMBER-DESEMBER MENGGEBU!
*mendadak lupa kalo baru operasi usus buntu minggu kemaren -_____-" 
Yaa Allah yang Maha Menyembuhkan, fulki ingin segera sehat.
amiin…

Scholastica

Gambar
BLP! <3

medicine.

"Practice of medicine is an art, not a trade. A calling, not a business. A calling, in which your heart will be exercised as hard as your head." - Sir William Osler (dlm Kuliah dr. Primal Sudjana, Sp.PD-KPTI) Pembekalan P3D Bagian IPD FKUP-RSHS (via rajaharahapp) - diambil dari blognya Tita Rashida.
dan ini salah satu pertanyaan pop-up tadi sore yang juga zong: "kalau nih misalnya anak lo lagi sakit. berapa orang yang lo percaya dari angkatan lo buat ngobatin anak lo sendiri?"  "..........................."

kuning berbinar!

Gambar
oke mungkin ini ketebak: saya SANGAT suka beginian. benda kuning mata berbinar terbang-terbang, sebut saja balon spongebob. ini dikasih sama cendol, sindy, mamet pas saya masih di rumah sakit. suka suka suka!

mind matter.

Barusan Iin dateng dan nanya: "ful, kenapa tante aku mah pas appendicitis mah sakitnya asa lama pisan gitu dan manja banget. sekarang kamu jum'at udah mau masuk lagi aja dan udah kemana-mana".
di tengah g ngerti-nya saya tentang perkembangan ilmu kedokteran tentang appendicitis, salah satu penyebab saya udah maksain diri buat jalan sana-sini walo kaya nenek2 nahan sakit mungkin adalah: pas saya baru bangun operasi, sekitar jam 9/10 malem, tante saya, nelfon dn nanyain prosedur operasi-nya dan end-up dengan statement2 "kuno banget sih itu caranya dsb" "kenapa general anesthesia, appendicitis doang, sekarang mah udah spinal" "kalau di RSCM operasi appendicitis itu udh kaya one-day care, sehari operasi langsung bisa pulang" dan serentet statement lainnya. beliau sekarang kepala UGD RSCM, berdedikasi banget emang sama ilmu kedokteran. 
saya g ngerti sih harusnya kaya gimana, hahaha. malah bosen banget (super) kalau cuma diem dan g ngapa-ngapain. h…

Asal mula score.

ini kontennya bakal sangat kemahasiswaan. feel free to skip reading this post :)
***
ditengah kontroversi dan segala tetek bengek terkait score yang mencuat (di kalangan tertentu aja kayaknya), saya sebagai founding emak dari score ngerasa punya tanggungjawab untuk jelasin asal mula score. 
btw, score itu singkatan dari school for regeneration and encouragement. 
saya yakin, regenerasi itu butuh proses yang terpastikan-dimaksudkan, bukan cuma proses yang 'untung-untungan'. transfer semua hal tentu g mungkin dikejar dalam satu minggu pelatihan. semua orang juga tau. statusnya pun cuma pelatihan yang dikemas dalam bentuk 'sekolah', tentu sebentar dan harus fokus target..
fk unpad yang sinergis selalu jd masalah yg g abis-abis dari taun ke taun. ini salah satu yg pengen dikejar di score. delegasi (yg merupakan kader) dari masing-masing seksi, UKM, dan BPM diharapkan bisa dibentuk jadi satu angkatan yg kuat dan solid. efek jangka panjangnya ke sinergis tadi. teknis-nya terlalu p…

my exotic appendix :*

Gambar
oke, off internet.  mulai pusing dan demam. jengjeng.

kenapa?

"Cepet sembuuuh! Maneh milih waktu yang SUNGGUH SANGAT GAK TEPAT UNTUK SAKIT!" -nadhila
di tengah deadline skripsi, score yang minggu depan, dan serentetan tugas lainnya, Allah menakdirkan saya sakit. Awal penerimaannya: sedih dan bertanya. Kenapa sekarang, kenapa segininya, kenapa hidup saya ada-ada aja kejadiannya, dan segambreng kenapa yang lain.
***
Ketika masuk ruang operasi, kata-kata terakhir yang bunda ucapkan: "sabar ya Kak, Allah tahu yang terbaik".
Sebelum saya di general anesthesi (di bius sblm operasi), kata terakhir yang saya ucapkan adalah dua kalimat syahadat. Saya g tau apa yg bakal terjadi, masih bisa selamat atau nggak (walaupun orang2 bilang operasi usus buntu itu kecil). Yah, tapi namanya juga takdir. Kita harus bersiap.
Tadi Ibu-nya aa' dateng, dan nanya: "ibu pengen tau apa yang jiwamu rasakan sekarang. Pasti ada dong hikmah yang diambil dengan kejadian ini. Jangan sampe sama Allah dibelajarkan gini tapi kaka g dapet apa-apa". Jleb.
&…

si analgesik.

Jam 10 (pagi dan malam) adalah jam yang paling bikin saya nervous pas di rumah sakit. jam  10 adalah jadwal perawat bakal masuk kamar dengan bawa suntikan banyak banget. cemen ya? hehe... jadi semua obat saya itu parenteral alias injeksi. mulai dari obat biar g pendarahan dalem pasca operasi, obat mual-muntah, antibiotik, analgesik, dan.... (satu lagi saya lupa). semua disuntik di jam 10 pagi dn 10 malem.
disuntiknya bukan 1 atau 2 cc tapi bener2 suntikan gede yg 10 cc-an, dan itu 5 suntikan saudara2. hiks. boleh dibilang cemen deh tapi ini beneran g banget. kaya di bom obat, semuanya sekaligus. 
ada satu obat yang kalau disuntikin sakit banget, dan obatnya adalah obat analgesik. alias buat anti-sakit. jadi ironi kan ya, obat anti sakit adalah obat yang pas disuntiknya itu paling sakit. super pokoknya super. bahkan setelah dioplos pake cairan infus-pun sakitnya masih nendang (ceritanya biar si obatnya gak terlalu pekat)
di akhir opname, saya menolak buat disuntikin si analgesik ini. tang…

crafting!

Gambar
penting buat saya, ngerjain apa yang saya suka tapi g ada beban. bikin kerajinan tangan, selain hobby, juga penting untuk refreshing. ya iyalah, ngerjainnya gak pake mikir, gak pake cape, dan bebas berkreasi. hobby yang setelah masuk fk udah jarang banget dilakukan. 
mudah2an jadinya bagus (dan tentu ada waktu ngerjainnya). si tumbler kopi sama figura-nya mau jadi hadiah :D 
special thanks to dito yg nemenin tetehnya beli ginian huhuhu :____)


*sungguh bukan posting menghibur diri.

November - Desember (2)

Awalnya mau post tentang jalannya pemilu di berbagai tingkat (senat fk, bem unpad, ismki wilayah) tp udah terlanjur basi (kayaknya) dan kemaren2 bener-bener tepar hanya untuk sekedar buka laptop. akhirnya pikiran2 yang ada ketuang random ke siapapun yg saya liat.
dari pemilu beranjak ke salah satu topik paling hot dan eksotis se-november-desember: SKRIPSI.
Statement "skripsi adalah tentang menaklukkan diri sendiri" pengen saya tambahin. Bukan cuma naklukkin diri, tapi juga naklukkin alam. terutama kalau harus penelitian ke RW.08 desa cilayung. jadi nostalgia dusun cisangar di desa ciheras pas kkn. ngeliat jalan raya bikin saya pengen nyium aspal. orang2 di situ bikin tanjakan agak2 diluar batas toleransi. kata ibu kadernya, emang jalan disitu agak-agak g wajar, bahkan yang laki2 aja harus bener2 lincah untuk bolak-balik disana.
yg bikin rebek adalah: bawaan banyak (alat ukur, timbangan, susu untuk anak2, barang2 untuk ibu kader) plus motor Ahmed yang rem kaki-nya g pakem. Makas…

November - Desember (1)

Kampus lagi dinamis!
Banyak yang ikut pemilihan di berbagai tempat. Tanri di BEM Unpad (yang sekarang FOTONYA KETAWA SEGEDE APA GAK NGERTI LAGI NAMPANG DI GERBANG LAMA), Poundra-Mamet-Pesiar di Senat FK Unpad, Fasa di ISMKI Nasional, Acim lagi mikir2 mau ambil ISMKI Wilayah setelah sebelumnya juara 1 jajaka Bandung, dan tentunya periode november-desember ini lagi hip-hipnya ganti kepengurusan, jadi pasti banyak pemilihan ketua2 baru.
Yang daftar jadi ketua senat (Poundra-Mamet-Pesiar) tiga-tiganya tergolong orang yang lumayan deket, jadi setidaknya saya ada alasan untuk g jadi tim sukses manapun, selain karena saya juga ogah dan emoooh jadi tim sukses. Bukan karena males, bukan. I have my own reason for this. Poundra, Mamet, Pesiar justru minta diskusi dan ngobrol berbagai macam hal, jadi paling baik emg netral dan bebas kasih masukan apapun ke mereka ber3. Oya, tiga-tiganya masuk tim kurikulum kemahasiswaan lo! hehehehe :D 
(to be continued...)

Tropmad#3

Gambar
Pertama kali-nya main bowling ya pas sama temen2 tutor. Sebelumnya sama sekali g pernah. Sampe2 nama grup tutor tropmed jadi C3 BOWLING CLUB. Ngek.
Bowling itu apa ya, hmm. Bikin sehat enggak. Disebut olahraga (bagi saya yang cupu ini) juga bukan. Selesai bowling paling pegel2 tangan, tapi g pake keringetan atau gimana. Yang bikin rame adalah kompetisi dan temen mainnya kayaknya. Apalagi kalau udah strike, hahahaha :))
Tempat bowling di Bandung kayaknya cuma di PLAGO (singkatan dari planet dago atau plaza dago ya? lupa -.-). Tempatnya ngeri gitu g terawat. Ya ampun kalo g bareng2 sama temen banyakan mending enggak deh. Jangan. Di lantai 2 nya itu ada pub sama tempat karaoke (yang JELAS2 bukan u/ family karaoke). Bowling di lantai 3. 
Pas udah sampe di arena bowling, suasananya lebih 'manusiawi'. Lebih 'ramah lingkungan' dan g bikin g nyaman. Ternyata bowling banyak jadi acara hiburan keluarga lhoo~ banyak ibu2 pake kerudung gitu sama suami dn anak2nya main. Tapi kalau dip…

Tropmad#2

Gambar
"The constant thing in life is change."  - terutama untuk kelompok tutorial.
Kalau di FK Unpad hal ini sangat berlaku, terutama untuk kelompok tutorial. Sedeket-deketnya atau sejauh-jauhnya kelompok tutor, dalam 2 bulan pasti dirubah seiring dengan pergantian materi belajar. Selalu ada harapan untuk perbaikan atau malah banyak yang kecewa karena g dapet kelompok yang sama atau lebih nyaman dari sebelumnya.
Kedengerannya saya rebek ya? Kelompok tutor doang gitu-loh. Tapi enggak untuk di FK Unpad. Kelompok tutor does matter. Really matter, in fact. Ya iyalah, kita ngabisin 3 hari dari 5 hari yg ada bareng kelompok tutor. Sisa hari yg ada kita pake selain u/ lecture besar (dan ngerjain skripsi) ya ngerjain learning issue, yang ujung2nya adalah untuk dipresentasiin di kelompok tutor juga. Tiap kelompok terdiri dari 9-11 orang. Sedikit ya? hehehe. Selama dua bulan, banyaknya kita gaul-nya sama itu lagi itu lagi. Si 9-11 orang itu.
Saya termasuk yang beruntung. Alhamdulillah belum per…