Kamis, 03 November 2011

Tropmad#2

"The constant thing in life is change." 
- terutama untuk kelompok tutorial.

Kalau di FK Unpad hal ini sangat berlaku, terutama untuk kelompok tutorial. Sedeket-deketnya atau sejauh-jauhnya kelompok tutor, dalam 2 bulan pasti dirubah seiring dengan pergantian materi belajar. Selalu ada harapan untuk perbaikan atau malah banyak yang kecewa karena g dapet kelompok yang sama atau lebih nyaman dari sebelumnya.

Kedengerannya saya rebek ya? Kelompok tutor doang gitu-loh. Tapi enggak untuk di FK Unpad. Kelompok tutor does matter. Really matter, in fact. Ya iyalah, kita ngabisin 3 hari dari 5 hari yg ada bareng kelompok tutor. Sisa hari yg ada kita pake selain u/ lecture besar (dan ngerjain skripsi) ya ngerjain learning issue, yang ujung2nya adalah untuk dipresentasiin di kelompok tutor juga. Tiap kelompok terdiri dari 9-11 orang. Sedikit ya? hehehe. Selama dua bulan, banyaknya kita gaul-nya sama itu lagi itu lagi. Si 9-11 orang itu.

Saya termasuk yang beruntung. Alhamdulillah belum pernah dapet kelompok tutor yang bikin g betah sampe jadi ganggu belajar. Mulai dari FBS di semester 1 sampe sekarang, notabene fine2 aja untuk adaptasi di kelompok tutor. :)

Sekarang udah tropmed, yang artinya kelompok tutor ke-11. WOW! So far, ini kelompok tutor yang paling nyaman. (apa ini sindrom taun terakhir? karena banyak juga cerita orang2 yang klik pisan sama kelompok tutornya di tropmed. hehe...) 

Kenapa saya bilang paling nyaman?

Proses diskusi jalan banget di dalem kelompok. Jadi proses tutorial rame. Bukan rame gak jelas bicarain hal yang lain (di luar akademik maksudnya). Semua terlibat aktif. Bahkan Ambon dan Edo pun pas udah klik jadi seneng kuliah. Ini langka. Seriusan. Gak ada yang lost in space pas tutorial. Biasanya dulu2 suka banyak yang pas tutor entah itu tidur, ngoprek HP terus, ngelamun g jelas, ngobrol2 entah apa. Tapi alhamdulillah sekarang enggak.

Pas ada orang presentasi LI, dia bakal 'diserang'. (dan ini sistemik. gak ada orang yang asik sendiri!) Diserang sampe orang2 yang jadi objek presentasi bener2 ngerti. dan kita pun g malu nanya kalau emang g ngerti2. Pokoknya kalau presentasi bawaannya tegang, soalnya pada kritis. -________-" hahahahaha. tapi ini guna banget, terutama pas ngerjain ujian MDE kemaren. 

Ini kelompok isinya pelawak. Biasanya di kelompok tutor sebelumnya, saya cenderung jadi tukang lawak. tapi disini saya jadi pendengar lawak-an. alias ada yang tingkat jayus dan lawaknya LEBIH PARAH. dan itu bukan satu-dua. hahaha. jadi semacam positive feedback. Pas masuk ruang tutor, aura-aura gelap ilang. Saya lupa masalah2 yang lagi saya alami. Refresh! Keluar ruang tutor = bertemu realita. 

Ketua tutor-nya bener bener ngurusin. Ini pertama kali-nya buat saya puas sama gaya mimpin seseorang di kel.tutor yang nyentrik tapi oke. Bukan hanya di dalem ruang tutor, tapi di luar juga. Manage segala macem, nyemangatin belajar, koordinasi, dsb. So far sblm2nya, ketua tutor itu jadi tumbal, jadi ya dia kerja seadanya, beres tutor ya beres juga tugasnya. Tp  pas tropmed enggak. ALL HAIL PAK KEPALA SUKU!

Background beda2. Kalaupun ada yang sama tapi g eksklusif. Ini penting. Jadi nggak ada yang nge-gap bikin kelompok dalem kelompok dan asik sendiri. Satu cerita ya yang dengerin sekelompok, bukan geng-nya.

Ada Edo dan Odi. Ini kembar JUARA BANGET-LAH. sulit diungkapkan dengan kata-kata. sulit.

Bahkan Livy, yang biasanya diem dan ngomong seperlunya kalau ada di luar inner circle-nya, disini jadi cerewet, ikut nge-blend, dan terbuka. Kalau dipikir-pikir, yang jadinya cenderung lebih pendiem cuma Nanas (Siti Nasromah nama aslinya). tapi itupun dia nahan ketawa terus. pernah ada satu saat kita berencana lebih 'diem' dengan mengusung tema: Hari Nanas sedunia. tapi setiap disebut hari nanas sedunia, bukannya diem pada malah naikkin dua tangan ke atas kepala niruin jambul buah nanas yang ijo dan jalan ky penguin. hahahaha :))

dan tutor kita pun ketawa sampe nangis -____________-"

Jalan-jalan kelompok pun g omdo, dan g cuma sekali. Sekarang malah ada uang kas tiap minggu dan akan ada pertemuan rutin tiap 2/3 minggu ke depannya. =_________= hahaha semoga g mahiwal.

JONAS BROTHERS!
Edo-Edo plasenta-Odi
Full team, dengan tutor pertama dr. Risa.
TUTORIAL LAST DAY!
Dress code: putih (yg lk2 pake dasi item).
Minus tiara yang lagi ngurus absen -.-

Ditulis dlm keadaan terserang mello2 et causa pengumuman kelompok tutor baru untuk famed. Hahahaha. Pertama kalinya loh. Keju pisan maneh ful! Apapun kondisinya harus bisa mandiri manage diri.


Ralat: sedih-nya sistemik ternyata. sekarang malah pada whatsapp-an mello2 ganti kelompok tutor. Lolo galau abis pula. -_________-"


Jarkom Ambon paling akhir:
"C3 BROKEN BOWLING CLUB!! GRUP TUTOR BARU UDAH KELUAR!! MAKASIH BANGET BUAT 2.5 BULANNYA!! LO SEMUA SERU GILA KECUALI BUCEL YANG GA DATENG LAGI TADI MALEM!! BIARPUN KETUA LO GA SEKEREN GW, SANTAI!! JARKOM GW TETEP JALAN KE LO LO SEMUA!! SERING MAIN2 KE C3 YA ADA GW :( SEMOGA LO GA AMBEIEN AMIN!"
Ini jarkom fenomenal dan khas. pasti pake capslock dan ada ambeien plus bowling club. hahaha :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar