Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2011

Lunchbox!

Gambar
Sejak tahun ini, di FK Unpad ada gedung baru, namanya A6, disebut juga Student Center. Isinya kantin, ruangan2 ormawa, mesjid, lapangan futsal-basket, dsb. Bicara tentang kantin FK, sebagaimanapun saya deket sama ibu kantin-nya, tetep aja pasti banyak keluhan. Mulai dari lokasi yang sekarang crowded-nya mirip2 bunderan cibiru pagi2 alias g cukup untuk semua mahasiswa yg notabene mager u/ ke kantin fakultas lain, harga makanan yang termasuk mahal, hygiene, dan variasi makanan.
Berhubung saya emang kuper karena sekolah dari umur 3 tahun smp lulus SMA di tempat yang sama, saya g pernah ngerasain yg namanya kegiatan 'mencari makan siang'. Di sekolah saya yang dulu, jam 10 ada snack pagi kadang plus susu dan pas istirahat siang sekitar jam 12 ada makan berat: nasi, lauk, sayur, buah. Kasus berkaitan makan siang paling2 cuma masalah anak2 putra yang makan kaya kuli dan lupa kalau ada kelompok minoritas berjenis kelamin perempuan yang juga butuh makan. :_( Setelah masalah ini diatasi …

Skripsi #5: Survey.

Gambar
UP selesai! Walau bersimbah peluh, darah dan airmata. Akhirnyaa :__) *suara2 ghaib teriak sambil lemparin botol kaca: lebay oy!* *pingsan* *maaf saudara2 saya bangun lagi, ini cerita belum selesai*
Kenapa orang2 seneng UP selesai? Mungkin karena formalitas tugas beres. Padahal UP beres berarti yang bakal lebih susah akan segera dimulai: Penelitian. Hukshaks.
Akhirnya oh akhirnya tadi pulang kuliah (yang super random) berhasil survey ke desa pertama, desa cilayung. Dari Unpad naik ojeg ke Cilayung sekitar 15 ribu. Lebih murah kalau naik angkot dulu terus turun di Cikuda dan lanjut ngojeg dari sana kayaknya. Tapi karena belum tau jalan (maklum perdana), akhirnya naik ojeg-lah.
Untungnya saya ketemu Ocha. Thank God I found you, cha :'). Penelitian di desa yang sama, di posyandu juga, walau beda sampel. akhirnya mengembara-lah bersama Ocha ke cilayung. Lumayan jauh juga ternyata, dari Cikuda naik terus, ke desa cileles masih naik lagi, akhirnya sampai ke Cilayung. Medan-nya nanjak-mudun.…

Cake!

Gambar
Blueberry cheesecake.  My most favourite cake, like, EVER. Sejauh ini yg paling enak di Bandung yang dari Cizz.
*posting sticker dan blueberry cheesecake dalam rangka membuat senang diri sendiri et causa abdominal cramps yang g ilang2. myeee~
**yang belum tau, Cizz ada di Jl. Laswi no. 1A. Go grab some! :D

Organ Sticker! *drooling*

Gambar
Ini orang KREATIF BANGET! 
Hiks. Keren. :_)
Saya punya kecenderungan aneh terhadap, err, stiker. Terus liat ini, dan pengeeeeen sekali pengen pengeeeen pengeeeennnnnnnn. Selain stiker, printilan-printilannya juga oke banget. Hm, di Indonesia ini dimana ya belinya?




Ini keren banget lalalalala~
PENGEN YA AMPUN. 
P.S: Boneka-nya juga lucu. :____) *ngences*
P.P.S: Selain dari organ2 besar, dari kelenjar juga jadi boneka dan stiker, hahaha mulai dari kelenjar adrenal, mammary, prostate, dsb.


Coba liat disini deh: I Heart Guts
MAUUUUUU! *pukul-pukul dinding* >.<

26 - 28 september

Senin, 26 September 2011 Hari super random dan spontan. Mulai dari g ikut tutorial karena pelatihan PKM dst. Berakhir dengan letupan ide dan pikiran. Di saat yang sama juga mempertanyakan kembali apa yang sedang dan sudah saya usahakan. Alhamdulillah. Wajar, dan malah harus kayaknya bagi saya untuk selalu bertanya ke diri; apakah ini semua mengarahkan kepada selamat? atau malah jalan tol menuju celaka? 
Etta dan Bunda lagi sakit (sampai sekarang masih). Kecapean kayaknya. Ini membuat saya sedih bukan kepalang. :_( 
Selasa, 27 September 2011 Lecture. Sejak awal tropmed, saya sudah amat sangat berjanji sama diri saya sendiri untuk mengoptimalkan akademik. Sejauh ini (baru minggu ke-4) prosesnya lebih optimal dibanding sebelum2nya. Semoga istiqamah, ini yang susah. Saya tahu, saya g jenius. Pinter di akademik biasa2 aja, biasa banget malah. Susah inget gampang lupa. Solusi-nya adalah: usaha saya harus ekstra. Jadi inget saya sering banget ngomong ini ke orang2, "Aku tuh g pinter, banyak…
Semoga basthatan fil 'ilmi wal jism TIDAK HANYA JADI WACANA YA, FUL! 
*woooooossshhh
"Yang umumnya dirasakan manusia, bahwa yang disebut rezeki itu hanya apa yang ada dalam genggamannya saja. Sikap seperti itu menyebabkan manusia menjadi kufur nikmat. Orang yang kufur nikmat sangat sulit untuk melaksanakan perintah Allah" - Seorang guru.

Facing the giant

Gambar
self-discovery, self-love, self-actualization. kompilasi dan teori versi pribadi tentang materi konsep diri. ketigakali-nya ketemu formal sama angkatan 2011.
Ini nampar banget. Rasa-rasanya kaya kena Lupus. Autoimun.  Antibodi malah nyerang diri sendiri. Semoga konteksnya konstruktif. Sungguh, tak ada ruang, tak ada waktu, tak ada cukup tenaga untuk sia-sia. 
gyaaa~~ gyaaa~~
"Ya Allah, jadikanlah di dalam hatiku cahaya. Di dalam ucapanku cahaya. Jadikanlah pada pendengaranku cahaya. Jadikanlah pada penglihatanku cahaya. Jadikanlah dari belakangku cahaya dan dari depanku cahaya. Jadikanlah dari atasku cahaya. Dari bawahku cahaya. Ya Allah, berikanlah kepadaku cahaya, dan jadikanlah aku cahaya."  (HR. Muslim dan Abu Dawud).
"Karena sepotong paku lepas, maka kuda terjerembab.
Karena kuda terjerembab, informasi tidak sampai ke garis depan.
Karena informasi tidak sampai ke garis depan, pasukan kalah perang.
Karena pasukan kalah perang, negara jatuh ke tangan asing"
- Sun Tzu.

Skripsi#4: Sampel.

Ini sedihlah.. Jadi selama ini, bimbingan saya sama Pembimbing 2 kan baru sekali yg ketemu. Biasanya ya via sms tp g detail. Nah kemaren akhirnya saya dateng ke tempat praktek-nya (oke pisan tempatnyaa, ruang prakteknya banyak mainan dan boneka2 unyu! -dia dokter anak) dan kuliah tambahanbimbingan lumayan lama. 
Jadi intinya adalah: saya harus ganti atau perluas sampel. Alasannya: anak usia 1-2 tahun udah bisa makan sendiri, jadi g bisa dihitung dr perilaku pemberian orangtua. G relevan antara variabel X dan Y-nya, hahaha. Skripsi macam apa =.= *ketawamaksa* Nah yang bikin ribetnya adalah:i ni tentang anak, pediatri. Pengaruh ganti judul, yang sebenernya CUMA perluas/ganti sampel, di ranah pediatri beda perkara. Beda umur beda guideline. Beda umur beda chart. Beda umur beda kebutuhan. Beda umur beda semua-semuaa. Hiks. Berarti rombak Bab 2 dan Bab 3. T_____________T. 
dan pas saya sms whatsapp Pembimbing 1 saya ceritakan kondisi-nya, dijawabnya: "Oh iya benar juga, sesuaikan saja s…

Kunci rumah: Kendali

"Dalam raga ada hati, dan dalam hati ada suatu ruang tak bernama. Di tanganmu tergenggam kunci pintunya.Ruang itu mungil, isinya lbh halus dr serat sutera. Berkata2 dgn bahasa yg hanya dipahami oleh nurani. Satu garis jgn sampai kau tepis: membuka diri tidak sama dengan menyerahkannya. Di ruang kecil itu, ada teras untuk tamu. Hanya engkau yg berhak ada di dalam inti hatimu sendiri."
***
Itu quote dari buku Filosofi Kopi. Salah satu bagian yang paling saya suka.
Buat saya, kesel sama orang adalah destruktif. Kepala jadi pusing. Bener2 pusing patologis, bukan pusing pas lagi banyak pikiran. Emang g cocok buat kesel2/marah sama orang. Kayaknya gara2 efek pengalihan energi, dari energi kesel meledak-ledak yg dicoba diredam. Makanya saya bukan tipe yg kalau marah/kesel meledak-ledak ke orangnya, tp lbh banyak diem. Berdamai. Sama diri sendiri.
Kenapa harus berdamai? Karena buat saya marah itu gak penting. Kesel itu g bawa manfaat. G jadi pahala (dalam konteks hawa nafsu ya). Udah ene…

Good Life - One Republic

Gambar
"This has gotta be the good life. This could really be a good life, good life.  Good good life. What there is to complain about?"
Saya lagi suka BANGET lagu ini.

Skripsi#3: Embargo.

"Teh, saya jarang banget lah liat teteh. Emang skripsi segitunya ya? Sampai nge-embargo teteh?"- Acim.
EMBARGO? SKRIPSI? Hahahaha.. Ini dua variabel yang hubungannya masih unknown kayaknya. Skripsi menyita tenaga dan pikiran? IYA BANGET. Tapi asa g segitunya =.= Orang lain begadang ngerjain skripsi saya masih bisa tralalala trilili. Bimbingan sama dombing 2 baru sekali soalnya dia sibuknya ampun2an. Janjianpun banyak g jadi-nya, karena dia banyak tugas mendadak. Paling sama dombing 1 yang intens. 
Kenapa ya?
Saya anggap-nya ini fase yang wajar. Fase yang pasti terjadi. Dimana kita ketarik keluar dari dinamika kampus Nangor dan mulai fokus nyusun hal lain diluar. Sekarang ini kalau ngeliat kemahasiswaan Nangor, kerasa-nya itu udah jadi 'dunia luar'. Padahal saya masih Kabid1. Hahaha. Mau g mau cepat atau lambat emang kemahasiswaan Nangor akan jadi dunia luar. Skripsi dan aktivitas akademik tahun-4 (semester7 lebih tepatnya) cuma membuatnya 'terasa' lebih cepat. :…
Drama pagi hari, lagi. *sigh*

Opportunity.

"Nothing stupid about trying an opportunity. Nothing stupid at all. Chances are taken not just to be won. Chances are taken sometimes to win from your ownself and fear. Whatever the outcome outside, its always an inner victory." - Nada Ristya Rahmani to Fulki Fadhila.

HALO TROPMED!

Kiw kiw kiw kiw.. *nanaonan maneh ful, hahaha.. Hari pertama TROPMED! (Tropical Medicine). Semester terakhir sebelum insyaAllah Februari nanti (amin amin amin) wisuda Sarjana. G kerasa ya udah mau lulus lagi. Asa baru kemaren posting pertama di blog ini tentang: Finally, I’m landing on FK Unpad. Eeeh sekarang udah mau lulus lagi aja, hehe..
Tutor pertama-nya..impressive! Belum ada tanda2 orang2 gabut, pas diskusi semua aktif, seru! Ya iyalah itu orang2 didalemnya macem marle, livy, lolo, mamiti, bucel, nanas, ambon, ebo, edo, odi. Segabut2nya masih sangat care sama akademik. Dosen tutornya pun tandem, Prof Endang (ya ampun beliau itu Raja Lawak sepanjang masa) dan dr. Risa. Bener2 tutor (dengan prinsip SPICES), hahaha. Semoga bisa membaik. YA AMPUN UDAH TROPMED LAGI AJA *gak nyangka*
Disamping ke-suntuk-an dan entah ada perasaan semacam overwhelmed yg g bisa dijelaskan seharian ini, setidaknya jam segini posting ini udah bisa plong plong plong. Nyesek dikit-banyak wajarlah ya, namanya j…

Skripsi #2: Kok pusing ya.. =.=

Gambar
Sesungguhnya, bikin skripsi itu pusing ya? Hahaha. Apalagi kita harus bener2 duduk, nyediain waktu panjang bener2 untuk ngerjain skripsi aja. Apa saya doang ya yang lemot? G tau deh. Mungkin juga karena banyak distraksi (pisan). Kaya ade baim yang tiba2 masuk kamar sambil nangis dan minta dibuatin susu. G mungkin juga fokus sama diri sendiri ngendon di kamar, rumah bukan kostan. Tapi distraksi-nya bukan hanya dari rumah, tapi dari segala yang mungkin. Ini-lah itu-lah. Semacam sangat boring men, mandangin laptop terus itu. Beneran.
Saya lagi pusing mikirin penelitian-nya. Sasaran dan segala macem-nya. Dosen yang satu minta deskriptif, yang satu minta analitik. Yang satu minta fokus di satu desa, yang satu minta di compare antara Bandung-Jatinangor. Parahnya adalah, ilmu CRP (statistik dsb) saya bukan pas-pasan lagi, tapi kayaknya dibawah standar. Waktu kuliah saya ngapain ya? Pokoknya ingetnya kuliah CRP itu cuma bawa badan doang. Nahlo giliran udah begini nyesel-nya ya ampuuun kakaa :(…

Skripsi #1: Introduction

Saya udah bikin skripsi! ahaha, jangan dianggap keren karena ini beneran biasa aja, soalnya di FK bikin skripsi kapan2nya udah ditentuin, bukan kaya di fakultas lain yg ada persyaratan SKS dn sifatnya otonomi individu. Saya ambil topik tentang: Gizi anak. Dombing (dosen pembimbing) 1 orang gizi medik, tipe macem dr. Gaga dr. SNF yang tegas agak galak baik mendidik pinter, sedangkan Dombing 2-nya Dokter anak yang baik dan sangat keibuan tapi susah sekali ketemu karena dia sibuk. Walau sering diteror, saya bersyukur punya Dombing mereka berdua yg bener2 concern membimbing. Saya diteror. Bahkan tengah malam pun masih di whats-app. Hore! Soalnya kalau g digituin skripsi saya g akan beres. Mana sama dombing 2 buku dipinjemin literatur dicariin. Huks :___) Alhamdulillah. 
Yang susah, repot, lama, seru dan menyenangkan dari skripsi adalah: kalau skripsinya tentang gizi anak (curhat) berarti harus paham betul dulu tentang nutrisi-nya secara umum, tentang tumbuh-kembang anaknya, dan tentang2 yan…

Kerjaan baru! Ayey!

Call me crazy, hahaha. Entahlah.
Di tengah skripsi dan kerjaan yg lagi lumayan menggila ini, sekarang malah nambah kerjaan baru. Intinya satu, saya pengen banyak belajar, dan belajar itu mahal. Pengen les ini itu, ikut ini itu. Hiks. Minta uang ke orangtua terus kayaknya enggak banget, sedangkan uang beasiswa saya g cukup. Akhirnya nge-iya-in tawaran untuk bantuin bikin buku. Bukunya bakal dipake untuk jadi sumber belajar anak2 FKUI. Yep, buku kedokteran. Nanti sama dokter konsulen yg nawarin saya bantu bikin, hasil rangkuman saya di-edit lagi. Intinya mirip2 bikin LI dengan sumber yg udah ditentukan, plus poin2 materinya. Pusing pusing deh. Semoga kekerjain, amin. Asal disiplin asal disiplin. Yang lumayannya adalah, ini jadi sekalian belajar ulang juga. Saya kebagian garap 4 Bab, antara lain tentang respirasi, neuromuscular, pediatric, sama geriatri.
Lalalalala, semoga ini bukan keputusan gila. Banyak pengen posting tapi lagi g sempet terus, hadeuh.