Minggu, 04 September 2011

Skripsi #2: Kok pusing ya.. =.=



Sesungguhnya, bikin skripsi itu pusing ya? Hahaha. Apalagi kita harus bener2 duduk, nyediain waktu panjang bener2 untuk ngerjain skripsi aja. Apa saya doang ya yang lemot? G tau deh. Mungkin juga karena banyak distraksi (pisan). Kaya ade baim yang tiba2 masuk kamar sambil nangis dan minta dibuatin susu. G mungkin juga fokus sama diri sendiri ngendon di kamar, rumah bukan kostan. Tapi distraksi-nya bukan hanya dari rumah, tapi dari segala yang mungkin. Ini-lah itu-lah. Semacam sangat boring men, mandangin laptop terus itu. Beneran.

Saya lagi pusing mikirin penelitian-nya. Sasaran dan segala macem-nya. Dosen yang satu minta deskriptif, yang satu minta analitik. Yang satu minta fokus di satu desa, yang satu minta di compare antara Bandung-Jatinangor. Parahnya adalah, ilmu CRP (statistik dsb) saya bukan pas-pasan lagi, tapi kayaknya dibawah standar. Waktu kuliah saya ngapain ya? Pokoknya ingetnya kuliah CRP itu cuma bawa badan doang. Nahlo giliran udah begini nyesel-nya ya ampuuun kakaa :( *guling-guling*

Sekarang bingungnya adalah: anak umur berapa yang mau dijadiin sampel. Pasti bakal diambil anak kurang dari dua tahun karena yang ada pedoman resmi pemberian makanan-nya anak 0-2 tahun. Nah, yang mau diambil SEMUA anak usia kurang dari dua tahun (kalau sanggup) atau dikerucutkan jadi anak usia 1-2 tahun aja? tapi masalahnya, kalaupun anak usia 1-2 tahun aja yang diambil, food recalling-nya tetep dari dia lahir, karena status gizi SEKARANG juga dipengaruhi oleh asupan dia dari DULU. 

Pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang disebut dengan perilaku pemberian makanan? Cukup dengan sesuai jenis, jumlah, frekuensi atau ada faktor2 lain? Karena katanya lagi, pemberian makanan yg optimal bukan hanya tentang jenis tapi juga tempat, waktu, dan siapa yang ngasih. dan itu kalau dirinci ngerembet kemana2. mana guideline-nya dibedain antara makanan pendamping u/ anak breastfeed sama yang g breastfeed. Apa pilih salah satu aja ya terus masukin ke kriteria inklusi? HA HA HA *guling-guling lagi*. Inti kepusingan saya satu doang sih: variabel-variabel yang saya teliti, faktor-faktor terkaitnya banyak. Padahal penelitiannya perasaan gitu2 aja, g sesusah yang lain. cuma masalah waktu dan tenaga, tapi g susah (amin).

Ah! terkait sama masalah waktu&tenaga buat penelitiannya, sambil bikin skripsi juga sambil belajar mawas diri sama kapasitas dan waktu yg tersedia. Cari bentukan penelitian yang paling simpel tapi tetep bagus *ya I know, g segampang ngomongnya, ini susah* Ngitung status gizi anak2 + wawancara & kuisioner ke pengasuh, huks. Kapan waktunyaaa~ mulai cari bala bantuan ah, hehe. 

besok bimbingan! HUHAHUHAHUHA! *cakar*
saya buat playlist gitu di itunes, jadi soundtrack skripsi, judul playlist-nya: "HIDUP SKRIPSI! MERDEKA!" hahaha, jadi inget dulu ada kakak kelas yang pernah ngetweet setelah dia sidang skripsi, kurang lebih dia bilang "akhirnya merdeka juga dari penjajahan (baca: skripsi)"

These too shall pass, ful. 
Santai kaya di pantai~ 
Santai sih santai, tapi jangan sampe g dikerjain ya.. :)



Yang ngehibur dan naikin semangat nyekripsi liat foto beginian di literaturnya nih. Hehehe. Suka deh foto2nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar