Postingan

Menampilkan postingan dari 2013

Day Zero!

Saya tulis ini kira-kira 20 hari yang lalu. Kalo perlu ngasih lima jempol buat pegawai telkom di kota Bau-Bau yang susah-susah (iya sih emang kerjaan mereka ini) pasang gimana caranya supaya di rumah dinas kami yang kiyut ini ada internet. Hasil nunggu kurang lebih 3 minggu dari awal pasang speedy baru bisa dipetik hasilnya hari ini. Dengan resmi saya umumkan bahwaaa internet jalan! Hore! :) 
Berikut postingan tidak kadaluarsa ini:
---
“And baby, it’s amazing I’m in this maze with you. I just can’t crack your code.” – Holy Grail, Jay-Z.
Sudah kurang lebih 10 hari berada di sini. Ya, saya menjadi dokter internsip di kota Bau-Bau, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Semua naik turun proses persiapan internsip sudah dijalani. Maju mundur internsip di luar pulau jawa, urus-urus segala tetek bengek administrasi (yang dengan senang hati untuk tidak diulangi), packing barang untuk satu tahun, urus cargo, dan hari keberangkatan. Semua menguras tenaga dan pikiran.
Terlebih, ini Bandung yang saya tinggal…
"Of course I’ll hurt you. Of course you’ll hurt me. Of course we will hurt each other. But this is the very condition of existence. To become spring, means accepting the risk of winter. To become presence, means accepting the risk of absence.” ― Antoine de Saint-ExupĂ©ryThe Little Prince

China.

Gambar
Ada hadist yang menyatakan, 'Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina.' See you very soon, insyaAllah! *excited!

3

Halo. hari ini fulki abis reuni 5 tahun SMA. sebelumnya sama sekali g pernah ada acara bareng seangkatan. terus seneng, banget.
Kalau bahasanya dliya, "Emang 12 tahun itu gak bisa bohong ya."
Sudah lama tidak sesenang ini. walau bahas yang berat-berat dan bikin kelenger burger, tapi kalian selalu bisa ngasih saya harapan. 

I'm feeling content.
Satisfied & happy.

I'm proud of us angkatan 3.
Selamat berjuang.
Semoga Allah pertemukan kita kembali di syurga-Nya.
Kemarin angkatan saya dimarahi, terkait dengan nilai Try Out UKDI kami yang memang jauh sekali dari harapan, bahkan mengecewakan. Beliau tanya, apakah kami percaya atau tidak dengan pencapaian tersebut.
Jika kami percaya, 
artinya hasil yang keluar adalah betul menggambarkan kompetensi kami yang masih jauh dari harapan. 
artinya harus kerja ekstra keras dalam 2 minggu kedepan.
artinya bilang dadah sama liburan.

Jika kami tidak percaya, 
artinya hasil yang keluar tidak valid, tidak menggambarkan sebenar2 kompetensi kami. artinya kami bisa lebih dari hasil yang keluar disana. 
tapi kata prof. Tri, ini justru lebih bahaya. 
karena artinya..
ada proses yang salah pada saat mengerjakan TO, entah itu asal-asalan ataupun hal-hal lain yang membuat pengerjaan tidak maksimal.
dan itu artinya..
yang masalah adalah sikap kesungguhan. 

pilih-pilih dalam bersungguh-sungguh. 
atau memang tidak bersungguh-sungguh.

dan apa yang lebih bahaya daripada seorang dokter, 
yang tidak memiliki kesungguhan?

in your face, eigh…
Obrolan random tentang ujian di sore hari H-1 SOOCA (Student Objective Oral Case Analysis alias ujian kasus) IPD berakhir di:
"Iya nih ful.. Besok gue sooca IPD, kamis gue ujian kulit, jumat gue ujian psikiatri. Dan visum harus beres minggu ini. Gue butuh obat anti-cemas kayaknya." -Matt Biondi.
Seorang Matt Bi, legenda angkatan FK Unpad 2008, yang pas wisuda ditepukin paling kenceng *pake banget*, karena against all odds berhasil lulus (dan tepat waktu) pun sampe minta obat anti cemas untuk minggu ini ahahaha.
Mungkin kalo dicek ke psikolog, kebanyakan anak FK punya anxiety disorder yang acquired kali ya. karena emang sering banget emosi dan perasaan rasanya kaya dibanting-banting di koas. berasa naik roller coaster. ditambah belakangan ini banyak tuntutan tugas yang harus selesai terkait kelulusan yang HARUS tepat waktu. belum lagi persiapan untuk Ujian Kompetensi Dokter Indonesia yang akan berlangsung Agustus nanti.
May Allah ease. Do'akan ya, fulki besok ujian terakhir se…

Surrounded by

Yes, I know it will be bohhh~ring if I tell you againand again of me being unwell in koas. But one thing for sure, the sum of me being sick in koas is way more often than me being sick from birth to before koas. Only two weeks gap between sickness is very possible. Actually it happens, a lot.
It proves something. My lifestyle needs improvement.  My daily intake is randomize, I can eat more than 3 times a day, and not eat anything in the next day. I rarely took any supplements (yes, this workload need significance amount of supplements). I scarcely do sport; only once a week jogging is not enough. I drink coffee 2 cups per day. I still eat junk-food often. The list is still going on and on...
My biggest enemy is my own-selves. I lack self-discipline when it comes to maintaining healthy life-style. Come on, self-discipline, buckle up! 
And 3 days ago, I got fever. I cant get up from my bed, my head is heavy, my nose is congested, my throat sore, and I have chills. I skipped school that day. A…

Pilot Project

Been 4 months since I REALLY wrote here. ignore that tumblr-type posting recently. only thing that popped here and there, with I don't know what significance it can actually make. for me. *hehe
Its not because I'm busy, in my defense, but because, I dont know, when I came home from my daily routine, that exhausted & overwhelmed feeling make me too attached with this comfy bed of mine, took a very deep-non-rapid-eye-movement kind of sleep, and then flew to...I dont know what kingdom of all sleepyhead reside. please imagine a log. 
and all the things, feelings, thoughts that I already composed in my mind before, gone beyond recall. left me with that dimwitted feeling. 
and why do I write in english anyway? simple: I desperately need improvement in my english. hint: future-related. Apparently, TOEFL about 550 won't take you anywhere. I need TOEFL above 600 or IELTS score above 6.5.
I'd like to take course, but it cant be done, for now. no time, and the bigger issue is, yes…
"Children can feel, but they cannot analyse their feelings, and if the analysis is partially effected in thought, they know not how to express the result of the process in words." -Bronte, Jane Eyre.

been returned to ground zero.
"For me personally, real love isnt born until marriage. And marriage, is like a friendship bring out to the whole new level." - Hana Fedora.

Hang in there.

Gambar
Hang in there, buddy. Its almost the end. Thankyou for being such a loyal friend for me in this 5 struggling years.
Another years to come, aye?
saya takut jadi orang yang gagal paham.
saya takut setelah paham saya jadi orang yang indecisive.
saya takut setelah memutuskan ternyata keputusan saya salah.
Sedih, orang-orang udah kesana-kesini, kerjaan saya masih ngendon baca fokus ghon dan ranke complex. Allah, saya tau, rutinitas ini adalah kewajiban, bukan beban, tidak harusnya jadi penghalang dan mudah2an tidak (jangan sampai) membuat tidak tunai-nya kewajiban yang lain..

Allah, mampukan...
T______T
Gambar

Point of no return.

BESOK UJIAN BEDAH! 
akhirnya...
rutinitas pergi gelap pulang gelap, jaga, bimbingan gak berhenti2, jaga lagi, sakit, dimarahin konsulen, jaga lagi, poliklinik yang asik, residen yg baik2 (walau g dikit juga yang aneh), eh sakit lagi, etapi masih jaga lagi akhirnya akan selesai. 
seneng di bedah. ilmu bertebaran. rasanya tinggal mangap terus disuapin. baiknya ambil, yang g baik tinggalkan. prinsip koas banget ini.. harus pinter-pinter filter dan bawa diri.
gak kerasa koas tinggal 2 rotasi 9 minggu lagi. bersyukur banget udah sampai di tahap ini. at least, koas bikin saya makin ajeg, bahwa ya saya cinta dan suka banget sama ilmu kedokteran. saya gak salah jurusan. dan saya nemuin lagi passion saya di sini. Belum pernah sebelumnya saya belajar sekeras saya belajar di koas.
my point of no return.
Mohon do'a semoga besok ujian saya lancar, PR Thorax saya selesai, dan dr. Tri, Sp. BTKV lagi dalam keadaan mood baik hati buat bimbingan biar gak dimarahin terus lagi. 
dan akhirnya saya mengerti m…

Le stase uro~

Pergi masih gelap, pulang udah gelap.  Namanya stase urologi.  Huhuhu seminggu ini kangen matahari. *lebay*
Follow-up pasien jam 5 pagi (paling lambat jam set6) udah di RS, kalau pulangnya udah gelap sebenernya bukan karena urologi-nya tapi karena never ending bimbingannya. Lebih dari 12 jam di RS ihiks. 
Tadi pagi karena mau visite besar konsulen jadi agak hectic. Pas lagi GV diiringi oleh yel-yel residen "adek, ayo GV ayo GV semangat-semangat-semangat!" dan sambil bimbingan tidak maksa sekali  tentang grading tumor kandung kemih dari mulai submukosa, otot, luar otot, dinding perut yang mungkin sebenernya gak ribet2 amat tapi waktunya asli gak tepat. Bayangin lagi GV pasien nephrostomy DIPAKSA ngehapal grading tumor. Saya beneran seneng dan menghargai kakak2 baik hati yang seneng ngajar, tapi atulaaah waktunyaa~ -,-
Saya seneng statement seorang residen uro tadi pagi: "Dek, coba deh kamu liat ruangan, status, dan pasien uro. Pasti rapi. Pasien kita banyak, tapi itug jadi al…

give & take, intertwined.

Banyak orang ngebandingin Greys Anatomy dan House.  Yang satu (GA) terlalu drama, yang satu terlalu spesialistik (House).
Kalo saya, karena House banyak mikirnya dan terlalu spesialistik, dan kesan dari nonton filmnya cuma: "gyaa keren! ooh bisa gitu ya? gyaa~" dst, akhirnya jadi berasa kaya kuliah lagi. di RS udah kuliah masa di rumah juga harus kuliah lagi? hehehe alesan banget ya :p 
Saya lebih suka nonton GA. karena bener2 kehidupan kedokteran banget yang terjadi. terlalu drama? setelah saya jadi koas akhirnya saya ngeiyain kalo kehidupan di RS emang drama bangeeet. banyak life lessons-nya dari GA yang asli mirip banget sama kehidupan sehari-hari di rumah sakit. tapi minus adegan-adegan nakal di GA yang err yep, lumayan banyak, mending diskip aja itu ya (kalo di dunia residensi g tau tapi ya, konsulen2 suka wanti2 ke koas katanya mah iya banyak residen aneh2, naudzubillah)
nah! di GA ini banyak banget adegan monolog yang dalem.  sekarang GA udah season 9, hehe. saya jg g ng…

Jaga pasti berlalu.

Kalau saya lg cerita ke temen tentang dunia jaga dan waktu jam kerja-nya, banyak temen yang bilang "ya ampun ki gue juga sering kok gak tidur kerja lembur gitu". akhirnya saya balik nanya ke diri sendiri. Ini dokter-dokter aja yang pada lebay kalo jaga apa gimana? 
Membandingkan tentu bukan hak saya. Karena saya gak ngerti kerjaan orang lain gimana. Dan saya juga yakin, segimananya saya/ bahkan orang ter 'naratif' sekalipun di kedokteran cerita tentang gimana itu jaga, orang-orang di luar gak akan ngerti gimana jaga itu sebenernya. sampe ngerasain sendiri. pun adik2 kelas di FK yang belum masuk koas. 
Beberapa temen kadang suka kesel sama orang non dunia kedokteran. ya karena gak ngerti2 itu. yang satu minta dimaklumi dan yang satu mungkin gak ngerti kenapa harus memaklumi. 
Konsulen pernah bilang, kenapa dokter waktu kerja-nya (koas dan residensi terutama) begitu. di saat jam 7 (bahkan lebih pagi lagi) sampe jam 4 standby di RS, malemnya lanjut jaga tetep di RS, dan be…

who loves the most.

Gambar

Who am I to judge?

Residen: "Dek, sini deh lo. Gue mau tanya. Nih ya, menurut lo, kenapa bisa kejadian hemorrhagic shock?"
Dek Koas: "Perdarahan dok."
R: "Yee ya iya itu mah, mana2 aja perdarahan yang bisa bikin hemorrhagic shock?"
DK: "Abdomen, thorax, pelvic sama fraktur tulang panjang dok."
R: "Naaah! Coba skrg lo pikirin. Tadi gue dapet telefon ada pasien yang mau dirujuk dari Ci*mis dengan cedera kepala berat dan hemorrhagic shock. Gue tanya gimana abdomen thorax pelvic-nya katanya clear, FAST negatif. Fraktur juga g ada. 
Mana mungkin coba orang hemorrhagic shock gara2 cedera kepala berat. Emang kepala bisa tahan berapa liter darah sampe bisa jadi shock. 
JANGAN KAYA GITU YA DEK NANTI. KALAU MAU RUJUK PASIEN PINTER DIKIT LAH. JANGAN BEGO-BEGO BANGET."
kalimat terakhir diucapkan dengan menggebu-gebu oleh residen dengan penuh penekanan. sambil doi juga kesel-kesel. di sepersekian menit itu, dek koas-dek koas ini kemakan sama omongan residen tadi.
***
Pasien y…

Gravity.

Gravity is working against me And gravity wants to bring me down Oh I'll never know what makes this man With all the love that his heart can stand Dream of ways to throw it all away
Oh Gravity is working against me And gravity wants to bring me down
Oh twice as much ain't twice as good And can't sustain like a one half could It's wanting more That's gonna send me to my knees
Oh gravity, stay the hell away from me And gravity has taken better men than me (now how can that be?)
Just keep me where the light is C'mon keep me where the light is Oh... where the light is! 
***
diatas ini lagunya john mayer. lyrics master. abang-abangan bener ini john mayer kalau udah masalah bikin lirik lagu.  lagu diatas dijawabnya sama lagu glee yang defying gravity kali ya? ehehe... 
"Its time to trust my instincts. Close my eyes and leap. Time to try defying gravity. I know, it sounds truly crazy. And true, the vision is hazy. But someday I'll be defying gravity."
oh gravity, stay a…

Begin again.

Halohaa, miss me? *geer parah ehehe udah terlalu lama gak post blog sama sekali. sekarang jadinya agak2 kaku gimanaaaa gitu buat mula lagi. 
been very secretive abt everything lately. dulu ngerasanya karena terlalu sering nulis blog malah jd agak risih karena kerasanya dunia pribadi saya kaya diteriakin kenceng2. tapi gak nulis sama sekali juga ternyata bukan solusi karena banyak hal yang justru pengen dibagi tapi g bisa. kelamaan gak nulis malah bikin TERBIASA gak nulis. tetot -____-"
dan kaya yg dulu pernah saya blg. menulis justru alat bantu saya buat bisa menyimpulkan dan menyusun pelan2 apa-apa yang selama ini masih scattered alias berantakan. 
so, I'm back! skrg mau coba nulis lagi. insyaAllah.
tapi karena membiasakan hal baru itu emang g semudah ngedip, jadi mungkin lama prosesnya. stay tune anyway! ;)

"There is nothing to writing. All you do is sit down at a typewriter & bleed." -Ernest Hemingway
"I've never regretted it. Questioned it? Sure. But never regretted."


"Is there a difference?" I ask.


"Absolutely. Regret is counterproductive. It's looking back on a past that you can't change. Questioning things as they occur can prevent regret in the future."