Minggu, 10 Maret 2013

Jaga pasti berlalu.

Kalau saya lg cerita ke temen tentang dunia jaga dan waktu jam kerja-nya, banyak temen yang bilang "ya ampun ki gue juga sering kok gak tidur kerja lembur gitu". akhirnya saya balik nanya ke diri sendiri. Ini dokter-dokter aja yang pada lebay kalo jaga apa gimana? 

Membandingkan tentu bukan hak saya. Karena saya gak ngerti kerjaan orang lain gimana. Dan saya juga yakin, segimananya saya/ bahkan orang ter 'naratif' sekalipun di kedokteran cerita tentang gimana itu jaga, orang-orang di luar gak akan ngerti gimana jaga itu sebenernya. sampe ngerasain sendiri. pun adik2 kelas di FK yang belum masuk koas. 

Beberapa temen kadang suka kesel sama orang non dunia kedokteran. ya karena gak ngerti2 itu. yang satu minta dimaklumi dan yang satu mungkin gak ngerti kenapa harus memaklumi. 

Konsulen pernah bilang, kenapa dokter waktu kerja-nya (koas dan residensi terutama) begitu. di saat jam 7 (bahkan lebih pagi lagi) sampe jam 4 standby di RS, malemnya lanjut jaga tetep di RS, dan besok pagi-nya tetep standby di RS. 36 jam lebih adanya di rumah sakit lagi dan lagi. beda sama profesi kesehatan yg lain, yg pake dinas pagi/siang/malam. ya kalau dinas pagi, pas siang dan malamnya libur, besok paginya masuk lg. waktu kerjanya 7 jam. Beliau bilang "Sebenernya kalian ini dilatih, bagaimana caranya dalam kondisi capek-secapekcapeknya kalian tetep bisa mikir bener, kalian tetep bisa decision making yang bener."

dan mungkin karena tekanan dari pasien (dan terutama keluarga), dan bahwa urusan-urusannya itu adalah ikhtiar yang berkaitan dengan nyawa. 

mungkin yang saya tulis juga gak terlalu ngegambarin sebenernya jaga itu gimana. ahahaha. ini cuman gara2 saya ngerasa pengen nulis apapun tentang jaga. karena sekarang saya ngerasain campur aduk diaduk diaduk.

***

Sekarang lg di bedah. jaganya padat merayap. kemaren jaga, hari ini jaga, besok jaga lagi. Saya baru sembuh dari pneumonia, tp sekarang ISPA lagi. ade baim masuk rumah sakit. ian dan najib sedang masalah. etta sakit juga. banyak hal&kerjaan yg lg saya pikirin, kepala saya pusing, dan mungkin karena saya lg PMS hari ini saya kesel-kesel-kesel bangeeeet dan berantem lg sm ubay yang jadi chief jaga sampe nangis. pdhl dari awal jaga jam 7 pagi sampe jam 6 g kenapa2 msh ketawa2 dan diskusi. berantemnya justru sejam terakhir mau selesai jaga. ubay ini mungkin emang sparring partner saya dari awal koas *nuhun pisan bay, walau prosesnya keras tp banyak pelajaran ya... 

JAGA PASTI BERLALU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar