Kamis, 14 Maret 2013

Le stase uro~

Pergi masih gelap, pulang udah gelap. 
Namanya stase urologi. 
Huhuhu seminggu ini kangen matahari. *lebay*

Follow-up pasien jam 5 pagi (paling lambat jam set6) udah di RS, kalau pulangnya udah gelap sebenernya bukan karena urologi-nya tapi karena never ending bimbingannya. Lebih dari 12 jam di RS ihiks. 

Tadi pagi karena mau visite besar konsulen jadi agak hectic. Pas lagi GV diiringi oleh yel-yel residen "adek, ayo GV ayo GV semangat-semangat-semangat!" dan sambil bimbingan tidak maksa sekali  tentang grading tumor kandung kemih dari mulai submukosa, otot, luar otot, dinding perut yang mungkin sebenernya gak ribet2 amat tapi waktunya asli gak tepat. Bayangin lagi GV pasien nephrostomy DIPAKSA ngehapal grading tumor. Saya beneran seneng dan menghargai kakak2 baik hati yang seneng ngajar, tapi atulaaah waktunyaa~ -,-

Saya seneng statement seorang residen uro tadi pagi: "Dek, coba deh kamu liat ruangan, status, dan pasien uro. Pasti rapi. Pasien kita banyak, tapi itu g jadi alasan buat kita kerja asal-asalan." 

Dan residen uro adalah residen termaniak membimbing di stase bedah. Mengajar udah jadi kultur. Biasanya koas yang ngejar2 minta bimbingan, kalo di uro bahkan ada residen yang bilang "Dek, saya minta waktunya bentaaar aja ya buat bimbingan. Boleh nggak?" kocak pokoknya..

Bedah adalah stase yang awalnya saya agak antipati. Tapi ternyata, saya suka bedah. Hehehehehehe. Seru bedah asli! :DDDDD Ini stase yang residennya menurut saya paling care sama koas. Bimbingan residen di bedah paling seriiiing dan paling lamaaa sepanjang saya koas. Walau ada juga bete-nya gara2 mau bimbingan disuruh nunggu residennya beres main basket, akhirnya beres bimbingan jam 8 malem hzzzz. Ada bimbingan pas jaga-lah, dapet pembimbing kelompok khusus, pembimbing di tiap-tiap subdiv ada lagi, belum bimbingan poli, buanyak. 

Orang-orang bilang bedah santai kaya di pantai kecuali pas jaga, tapi pas rotasi saya dan tmn2 saya yg skrg kayaknya g begitu. Ini salah satu wanti-wanti saya ke tim acara orientasi angkatan baru yang mau masuk koas nanti: hati-hati dengan cerita koas, bisa bawa stigma di awal, ngaruh ke ritme kerja, padahal koas itu kondisinya g selalu sama *dear calon dek-koas, camkan ini. Inget, adaptif! ~le koas senior #dilemparkateter #urostyle

Karena kemaren saya pneumonia (gak ngerti jg kenapaaaa bisa T___T) akhirnya pindah jaga, walhasil jadwal jaga saya mepet2nya gak santai. Minggu ini saya jaga sabtu malam dan minggu malam, semoga gak tepar lagi hiks. Beneran di koas kerasa banget, untuk mengeluh itu rasanya mudah, untuk bersyukur juga mudah, mudah lupa-nya. Hati-hati, hati-hati.


"Kamu akan jadi seorang Dokter, kamu harus lebih tegar daripada yang lain!" -Prof. Dr. Hendro, dr.,Sp.B(K)-V.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar