what happened in syukwis 2008? (1)

banyak tipe pemimpin.

saya mau kasih contoh 2. gambaran kasarnya aja.
ada yang tipenya memberdayakan. mayoritas tugas didelegasi ke yang lain. minus-nya mungkin kerjanya kurang kerasa sama yg lain. since urusan teknis dihandle anggota-nya.
ada yang tipenya mayoritas kerjaan ditake care sendiri. kelebihannya mungkin keberadaannya terasa dekat dan terasa oleh yang lain. tapi minus-nya, ini bisa berakhir destruksi atau cape sendiri. 

***

Angkatan saya ganti ketua angkatan. since tanri maju jadi presbem. yang gantiinnya ubay. ganti atau statusnya wakil ya? yang jelas kerjaan ketua angkatan di handle ubay dulu selama kurang lebih 6 bulan terakhir dan mungkin 1.5 tahun kedepan.

Kemaren ada syukuran wisuda 2008. saya dan ubay diminta tolong kiam buat bikin renungan di acara (lama2 saya jadi spesialis renungan kalo gini ceritanya mah. sering pisan -,-). awalnya g mau (banget *pake capslock*) tapi atas azas pertemanan dan asal ubay juga mau akhirnya saya mengiyakan.

Kontennya kata panitia tentang: mau dibawa kemana 2008. lah, mana saya -yang cuma rakyat jelata di angkatan- tau. akhirnya saya tanya ubay. ubay bilang suruh tanya tanri. tanri bilang semua udah diurus ubay jangan ke dia lagi. udah kaya bola pingpong ditektok sana sini.

Akhirnya selama seminggu kemaren kerjaan saya kaya ubur-ubur. ngambang-ngambang g jelas. minta bantuan sana sini buat bikin renungan, tapi tetep aja 'jiwa'nya g dapet. nuangin ke tulisan mungkin bisa saya kerjain. tapi kontennya g tau ya mau nulis apa juga. apalagi konsepnya diminta dalam bentuk dialog, bukan video atau kata2 di slide kaya yang 06 atau pas jaman olymphiart. dialog antara dua orang terus dibelakangnya ada slide2 gambar/video yang gambarin yg dua orang ini obrolin. salah satu orangnya ya Ubay, tinggal cari satu lagi.

akhirnya kerjaan saya pas pra-PSPD seminggu kemaren diantaranya adalah: mengejar Ubay (sok artis banget lo Bay emang, hahaha). Ubay super sibuk. Ngurus pra-PSPD. Ijazah lah apa lah. Pas diminta waktunya bentar bikin renungan, Ubay langsung ngeliatin to do list kerjaannya dia. Yang emang pas saya liat banyak banget. Jadi antara kesel, dan..........ga tega.

akhirnya dengan proses penerimaan yang gak sebentar, akhirnya saya ngerelain Ubay ngerjain kerjaannya dia dan nyusun renungan sendiri plus minta tolong sana-sini buat bantuin. yang ternyata gak berjalan dengan baik. karena saya g dapet feel-nya. dan g tau apa yang mau disampein. cuma gambaran besarnya.

awalnya saya kesel karena Ubay ngorbanin hal yang g bisa tanpa dia dengan hal yang sebenernya bisa dia delegasiin ke orang lain. maksudnya gini, kerjaan bikin "mau dibawa kemana 2008" itu butuh ubay. sedangkan kerjaan teknis lain menurut saya bisa didelegasiin ke orang lain karena g butuh sosok ketua angkatan. tentu, tentu, ini pendapat sotoy saya yang g tau kondisi intern penguin. ya emang renungan penting tapi tidak mendesak juga sih. emang mager ngerjainnya (malah curhat). dan saya liatnya Ubay agak tense beberapa hari pas pra-PSPD. sekali lagi ini sotoy hasil pengamatan mata saya yang kemampuannya terbatas.

ekspektasi dari panitia gede banget awalnya, minta di renungan ada video dari beberapa orang pula. 

dan sempet zong juga adalah karena saya sama Ubay bareng di departemen psikiatri dan harus lapor ke bagian hari kamis/jumatnya. masalahnya chief-co (ketua kelompok koas) yang 07 masih di luar kota dan baru pulang minggu. anak2 07 ngehubungin saya buat ngurusin hal ini dan ternyata g semudah itu juga. jadi anak koas ternyata sama kaya mahasiswa S1 yang merangkap SBP. dosen kita yang telfon, kalau dosen butuh infokus sama laptop kita yang urus, beberapa tabel periksa pasien kita buat sendiri, dsb. saya belum deket yang lain, jadi agak segan, yang paling deket ya Ubay. tapi kondisinya (sangat) g memungkinkan buat minta tolong Ubay. jadi awal2nya agak zong ngurus ini itu dan ngehubungin orang-orang, ngoordinir buat kumpul di departemen dan bagi2 fotokopian, ngejarkom dsb. koas begini amat ya -,-

akhirnya sabtu jam 2 saya ketemu ubay dan dinda buat ngobrolin renungan. Ubay udah g terlalu sibuk. gambaran besarnya udah dapet, dan janjian jam setengah 4 buat kumpul lagi dengan udah ngerjain tugas masing-masing. ubay dapet tugas disuruh curhat (hahaha) tentang perasaan dia jadi ketua angkatan, dinda tentang konten 'one step higher' 2008. 

jam setengah 4 kumpul lagi di kostan dandon. dan dengerin curhatan 'ketua angkatan'nya Ubay itu kocak banget. akhirnya baru beres jam 5.30an. konsepnya berubah jadi: Ubay yang bakal nyampein semua isi renungan. g pake dialog dua orang, tapi dialog hati ke hati antara Ubay dan anak2 2008 (asli ini getek banget). proses bikinnya ga gampang, secara kadar jayus Ubay 80% dari 100%. dan Ubay tipe introvert yang g mudah menuangkan sesuatu ke kata-kata. apalagi tulisan. dan dia betawi tulen. (inget prosesnya jadi ketawa sendiri, ahahaha)

dari proses pembuatannya, jujur, kami akhirnya g bisa memenuhi ekspektasi panitia. g ada video atau tampilan2 yang 'wah', g ada dialog dua orang yang direquest. ini pake azas: ngusahain yang terbaik sekekejarnya. dan bertumpu pada kemampuan Ubay di atas panggung.

pas di syukwis, slide yang udah dibuat ternyata ketinggalan di kostan herdinda dan sulit untuk balik dan ngambil lagi. akhirnya dibuat ulang. terus ngeliat konsep acara dan operet yang keren banget, saya dan Ubay jiper pangkat sejuta.

akhirnya kita keluar lokasi dan ke ruang panitia. 
diem di kursi bengong dan papelong-pelong minder.
saya bbm dinda minta nyusul ke ruang panitia.

(to be continued).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah dibalik lecture PHOP, BHP, dan CRP

bocah-bocah