Cerita Koas#5: Mata beres!

Mata selesai. Alhamdulillah. 

Sejauh ini stase yang paling gabut adalah stase mata *entahlah*

Gabutnya gara2 g jelas. Di RS Mata biip biip biip ini koas g bisa masuk poli. karena penuh oleh pasien dan residen. sedangkan wawasan kita mengenai penyakit banyaknya ya dapet dari poli. pasien ruangan di mata pun g begitu banyak, dan banyaknya pasien post-op. mau g mau kita bakal sangat tergantung dari kegiatan perseptoran (cari pasien buat bed-side teaching, presentasi kasus dan lain2). 

MASALAHNYA, perseptor kami subspesialis ROO (rekonstruksi onkuloplasty dan onkologi) yang denger singkatannya aja udah jiper. jadi menurut beliau ilmu2 macem konjungtivitis dkk yang sering ditemui dokter umum adalah kasus cemen yang bisa dibaca SENDIRI. beliau malah banyak juga ngajarin metode2 operasi dan tumor2 mata. bukannya g bersyukur dapet ilmu, tapi ilmu-nya g tepat dan g aplikatif. :( kalau misalnya kita emang g ngerti kasus2 sederhana (tapi sering ditemui di lapangan) dan bertanya ke beliau, dijawabnya gini: "aduh saya kecewa banget ya kalian nanya hal2 kaya gini." cemanaa -____________-"

jadi dari kegiatan perseptoran pun g bisa diharapkan.

alhamdulillah, kelompok saya yang emang bareng dari awal udah satu pace dalam persepsi belajar. jadi akhirnya kami nambal kekurangan kami dengan cara ngadain belajar tambahan sendiri. tiap hari sebelum ujian dari jam 3-5. koas itu lo dapet perseptor oke dan belajar banyak dari situ, ya kalau nggak berarti belajar mandiri. either way harus bisa. bukan jadi perseptor lo g oke terus malah jadi males2an. no no no... 

nah, di mata ini pertama kalinya saya bikin kasus sama seorang konsulen. di postingan kemaren yang gloomy morning itu jadi singkat ceritanya gini kurang lebih: pagi2 itu karena keteparan yang tidak beralasan akhirnya saya skip sahur dan bangun terlambat dan ngeskip beberapa kerjaan. tau kan gimana rasanya pas rencana2 kita gagal total gara2 kelakuan (baca: kelalaian) kita sendiri? nah! mood udh g baik pas dateng koas. 

pas nyampe RS ada pengarahan pagi dari PJ koas; dokter konsulen yang emang udah terkenal agak2 suka ngomel2 dan ngomongnya g enak. dan hari itu saya berasa jadi samsak karena jadi sasaran omelan depan umum terus selama pengarahan. gara2 awalnya saya izin sakit mata satu hari. terus jadi ngerembet kemana-mana. saya dibilang terlambat terus dan yang lain g pernah terlambat sama sekali. padahal sy pas di mata CUMA terlambat sekali jam 7 lebih 2 menit gara2 macet anak sekolah. dan temen2 yang lain banyak sekali yg terlambat dan berkali-kali dan bahkan ada yg sampe terlambat lbh dari setengah jam. .______________. tapi yang dimarahin CUMA saya. dikatain macem2 pula. myeee~ sepagian itu nahan nangis di depan beliau. mau coba ngejelasin pun percuma, karena yes, koas selalu salah. -,- 

nah setelah selesai pengarahan dan babak belur 'dihajar' konsulen, akhirnya kami semua balik ke ruang koas. di ruang koas, saya malah diketawain dan dikatain "FULKI THE LEGEND OF MATA dsb dsb dsb." -_________-" TEGA. ada juga yg ngehibur dan bilang mungkin dokternya salah liat tapi saya kebawa2 gara2 beliau udah keki duluan jadi mau digimanapun pasti salah dsb. 

hebat banget ya para konsulen punya power bikin mood turun naik.

sebenernya pas masuk ke ruang koas udh pengen nangis banget itu da. untungnya lagi shaum. tapi air mata udah ngambang di pelupuk. dan temen2 yg malah ngata2in bener2 lagi insensitive sedunia. seperti biasa ubaidillah emg raja tega. dan saat itu layak banget buat dipundungin.

udahannya masuk masa healing. dan masa healing buat saya adalah masa kontemplate, dan mikir. dan pasti saya jadi pendiam parah (da mikir). eeeeh malah dikatain lagi. -___________-" masalahnya saya terlalu sensitif buat ignorance. jadi serba salah sendiri. dikatain PMS juga. hafuh. ribet. 

dan kalo udah kaya gini saya suka males ngejelasin saya lagi kenapa apa yg saya pikirin dsb. biarlah orang berasumsi. cape.

setelah kasus ini, akhirnya fix, yg saya bisa harapkan adalah nilai ujian. karena ada yang sebelumnya bermasalah di mata dan g dilulusin adalah gara2 kehadiran. myeee~ 

alhamdulillah ujian dapet kasus yang lumayan gampang dan nilai yang baik. akhirnya lulus mata. yang penting lulus dan segera keluar dari mata. hahaha. :))

next stop: kedokteran nuklir!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah dibalik lecture PHOP, BHP, dan CRP

bocah-bocah