Selasa, 17 Februari 2009

Jurnal mahasiswa FKUP part 1

Ketemu lagi, huaaa,,,
Sekarang fulki mau cerita tentang kehidupan belajar di FK

Let's get started!!

Baru sekarang, sungguh....
Aku merasa belajar bener2 belajar yang sampai otak tuh direbus..(*lebay)
waktu SMA, belajar itu ya SNMPTN dan UN tujuannya
dan itu pun ON and OFF.
Sekarang, kita belajar untuk pasien kita, untuk orang lain, untuk sekitar kita.
Kita nggak belajar benar, orang lain yang kena akibatnya
dan tentunya kita juga.

tapi sekarang, aku bener-bener belajar.
belajar bener-bener,
bener-bener belajar.

Apalagi dengan kurikulum yang dimampatkan
(bahasa dr. Januarsih : Pemerataan yang lebih baik, bukan dipadatkan)
aku merasa sedang lari Marathon..ngos-ngosan

kita tidak berlari dengan benar dari awal,
siap-siap saja sampai finish paling akhir..
masih untung bisa finish, coba kalo gak pernah sampai..
(PARANOID)

tapi bener, kedokteran itu NEVER-ENDING STUDY..
karena tanggungjawabnya besar, dokter dituntut untuk terus melakukan upgrading
segala aspek skill dan pengetahuan..

Wah, wah...
Bener sekali quote dari Spiderman, hoho
With great power, comes great responsibility
Kita, para mahasiswa FK punya kekuatan.
dan karena kekuatan yang kita punya, kita juga dituntut untuk memberikan pertanggungjawaban.
Kita, para manusia diberikan kemampuan dan tugas
dan karena kemampuan dan tugas yang kita punya,
akan datang masa dimana pertanggungjawaban dilakukan terhadap kita,
Penjaga amanah atau pengkhianat itu ditentukan SEKARANG,
bukan nanti pas exam, bukan nanti pas JUDICIUM..

Pokoknya, semangadhhh!!!
Ini baru dimulai..

Mari kita isi liburan dengan hal-hal yang bermanfaat

Jadi inget perkataan dr. Gaga
" Kalian buat jadi dokter tidak perlu pintar-pintar amat,
Yang penting itu dua;
Rajin dan Sabar.
Sabar dalam belajar kalian dan sabar dalam mengikuti kurikulum yang telah kami siapkan buat kalian"

bener banget..
kuncinya Sabar.
Jadi dokter itu lama, lama banget..
udah gitu NEVER-ENDING study

Definisi sabarnya dulu yang harus diluruskan
Kalau yang saya tau,
Sabar itu artinya adalah bertahan dengan mengerahkan segal hal yang terbaik yang kita bisa lakukan..

Jadi, ya untuk jadi dokter
Kuncinya sabar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar