give & take, intertwined.

Banyak orang ngebandingin Greys Anatomy dan House. 
Yang satu (GA) terlalu drama, yang satu terlalu spesialistik (House).

Kalo saya, karena House banyak mikirnya dan terlalu spesialistik, dan kesan dari nonton filmnya cuma: "gyaa keren! ooh bisa gitu ya? gyaa~" dst, akhirnya jadi berasa kaya kuliah lagi. di RS udah kuliah masa di rumah juga harus kuliah lagi? hehehe alesan banget ya :p 

Saya lebih suka nonton GA. karena bener2 kehidupan kedokteran banget yang terjadi. terlalu drama? setelah saya jadi koas akhirnya saya ngeiyain kalo kehidupan di RS emang drama bangeeet. banyak life lessons-nya dari GA yang asli mirip banget sama kehidupan sehari-hari di rumah sakit. tapi minus adegan-adegan nakal di GA yang err yep, lumayan banyak, mending diskip aja itu ya (kalo di dunia residensi g tau tapi ya, konsulen2 suka wanti2 ke koas katanya mah iya banyak residen aneh2, naudzubillah)

nah! di GA ini banyak banget adegan monolog yang dalem. 
sekarang GA udah season 9, hehe. saya jg g ngikut dari awal. kepotong beberapa season, nyambung lg di season 8. mager soalnya ngikutin semua season. -___-" 

season 9 asli bagus dan dalem banget. paling suka kalo udah dr. Yang sama dr. Thomas. Ini hubungan guru dan murid yang inspiring sekali. pas dr. Thomas meninggal sedihnya gak ngerti lg T____T. kaya kehilangan guru sendiri. 

tapi sy disini mau kutip obrolan Meredith ke Christina (ini berdua sobatannya kuat banget bahkan kadang dalam tahap saling bela yang mengerikan -,-). Jadi si Christina ini karena ngerasa ada di Seattle Grace Hospital banyak bikin malapetaka buat dia, bikin dia kehilangan banyak hal, akhirnya memutuskan buat pindah ke RS lain. 

Meredith ngomong panjang lebar ke Christina, intinya gini:

"This is a place where horrible things happened. 
You were right to go. 
You're probably escaping disaster.
Look at me, I practically grew up here. 
And you're right, it hurts me.
In ways I'll probably  never get over.
I have a lot of other memories of people. People I've lost forever.

But I have a lot of other memories too. 
This is the place where I fell in love.
The place where I found my family.
This is where I learned to be a doctor.
Where I learned how to take responsibility for someone else's life.

And its the place I met you.
So, I figure, this place has given me as much as its taken from me. 
I've lived here as much as I've survived here.
Its just depends on how I look at it. 
I'm gonna choose to look at it that way. 
And remember you that way.
Hope you're good."

***

Dulu ada kakak kelas pernah bilang, kalo keluar koas buat jadi lebih baik itu susah, setidaknya keluar koas kita masih bisa jadi orang yang sama. Saya ngerti maksud beliau. Intinya kalo g bisa jd orang lebih baik, setidaknya kebaikan yang sudah ada di kita gak hilang gara2 koas. 

Tapi koas ini menurut saya pake sistem fight or flight, all or nothing. Pada saat nyemplung dan niat total, bikin kita larut dalam ritme hidup rumah sakit. 

"So, I figure, this place has given me as much as its taken from me."

Pada saat kita ambil resiko untuk dapat sesuatu, kita juga beresiko untuk kehilangan sesuatu*. Kenapa harus pake resiko2 segala? Kenapa g bisa proses belajar itu jadi hal yang murni bermanfaat tanpa efek negatif? Sistem pendidikannya belum siap. Orang-orang didalamnya juga. Merubah kulturnya juga lebih-lebih lagi. 

Kalau kata residen saya "ya, sabar aja ya dek, itu namanya efek samping pendidikan." Err sejak kapan pendidikan punya efek samping T______T

dan ya, saya ambil resiko-nya.

Mari berupaya, dan berdo'a; semoga yang didapat di sini banyak dan jadi berkah, semoga semakin kuat, semoga hal-hal yang hilang bisa mudah dicari lagi dan bukan merupakan hal yang prinsip, semoga akal & hati nurani bersih. 

Semoga Allah menjaga niat, langkah, dan tujuan kami. 

Kalau kata Alicia Keys, "New York, concrete jungle when dreams are made of". Ya bedanya ini bukan di new york saudara-saudara...

*in this very particular place

Komentar

  1. Bingung komennya full, tapi pengen ninggalin jejak aja, kayak cuma mau ngasih tau aku baca tulisan kamu dari awal sampe abis lho. tulisan kamu bagus lho. udah itu aja. hehe.

    BalasHapus
  2. thank you, Rizaldy! :)) been so long since someone appreciate my writing that much. and I do read ur blog juga looo. seru bacanya, ceritanya ngalir, dan enak dibaca. hehehe. horee dapet temen baru! :D



    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

bocah-bocah

Kisah dibalik lecture PHOP, BHP, dan CRP