Kamis, 20 Mei 2010

Lean on Me. sungguh semua harus liat.

kemaren2 saya baru nonton film, yang beneran keren banget. Film lama memang, lama banget. Yang mainnya morgan freeman (ini aktor yang beneran keyeeeennn sekali). menurut film, ini kisah nyata.

Filmnya tentang dia yang awalnya jadi guru, terus keluar gara2 idealisme 'pendidikan'nya bertentangan sama pemegang kekuasaan di sekolah itu. Sekolahnya kalo g salah semacam dijual gitu atau dibuat saham *lupa*. Bertahun-tahun kemudian, sekolah itu PARAH SUMPAH PARAH *sesuai yang udah diprediksi si morgan*, murid2nya ngaco semua dan segala KEKACAUAN PARAH lainnya--ujian yang lulus dikit banget. Mungkin kalo ada UN yang ditanya bukan yang g lulus, tapi yang lulus (saking dikitnya).

Akhirnya, si morgan ini dipanggil lagi buat jadi kepsek, dan dia dengan TANGAN BESI dan KEKERENANNYA mengubah sekolah ini kembali lagi jadi bener2 SEKOLAH. Cara-caranya dia, beneran keren banget. Dia ngeluarin hampir setengah orang dari sekolah tersebut yang tersangka drug user/dealer, dia ngegembok sekolah buat ngalangin orang2 jahat masuk, dia ngomong selalu pake toa, dan banyak banget deh keanehan *tapi keren* dia yang lain.

ini posternya:
ini quote-quote yang paling saya suka:
"my motto is simple: if you dont succeed in your life, i want you not to blame your parents, i want you not to blame the white man. I want you to BLAME YOURSELF. The responsibility is YOURS!"

"you are here only for one reason, one reason only: to learn!"

"the only way to get things done, is to get everyone involved. It's time to get involved!"

seriusan, kita harus punya banyak guru kayak si morgan ini. Yang nyadarin murid2 bahwa mereka ke sekolah ya buat BELAJAR. Buat jadi manusia-manusia unggulan. Saya beneran miris banget sama sekolah2 jaman sekarang, terutama SMA, kalo yang ada di otak masing-masing muridnya ya cuma seneng-seneng, pacaran, gimana caranya muas2in masa muda. DOOOHH, hellloo! wake up!

si morgan ini, dia bukan cuma guru, dia PENDIDIK. dan itu yang menurut saya langka di sini. Kadang2 guru ya sebatas ngajar pelajaran doang, dia gak menyentuh hal2 yang lebih substantial; moral, aqidah, dan nilai-nilai kehidupan. Hingga pada akhirnya -idealnya- yang dibentuk bukan siswa yang pintar di bidang matematika ato bidang apalah. tapi siswa paket komplit, yang secara moral aqidah dan nilai juga jadi karakter dia.

ini curhat sebenernya, wakakakak.
cita-cita saya adalah : jadi guru.
saya suka ngebayangin metode-metode ngajar yang baik, games-games menarik yang ngembangin orang, cara nyampein materi ini agar mudah dipahami, dan banyak. dan itu tetap terjadi, sampai sekarang. ide2 tentang cara ngajar, teknik2nya suka tiba2 keluar di otak. dan gemes, karena saya gak tau mau dikemanain ide saya.

waktu SMA, malem2 saya suka buka semacam privat gitu buat temen2 saya yang kurang ngerti pelajaran. cape, ya iyalah ya. abis sekolah *sekolah saya agak-agak lain, 7 to 4 dengan kegiatan yg agak gila* tapi abisnya saya pasti seneng banget. pas saya ngajar, ada sensasi menyenangkan disana. entah.

sekarang, di kampus, saya beneran seneng banget untuk ngasih materi. pas pelatihan kaderisasi calon pengurus senat, saya ngasih materi tentang mahasiswa. materi saya mungkin yah, standar. tapi saat saya di depan, berbagi dengan orang lain, mencoba ngasih tau nilai-nilai yang saya yakini, saya BAHAGIA. ya ampun, saya sukaaaa ngajar :)

dulu, pas pilihan jurusan ke univ, saya sempet pengen ke UPI (untuk pendidikan calon guru). pengen banget jadi guru. tapi waktu konsultasi, guru saya ngelarang. katanya sayang banget kalo saya ke UPI, karena jadi guru sebenernya bisa dimanapun saya ambil pilihan jurusan.
akhirnya saya nurut.

tapi tetep, passion itu, menurut saya, adalah hal yang gak akan pernah hilang.
dan passion itu saya bawa sampe sekarang, entahlah itu saya keluarin pas rapat p&k, gimana rapat gak cuma rapat tapi juga jadi sarana inspirasi buat semua.

ya Allah saya pengen jadi guru.
biarlah,
dimanapun saya, bisa menjadi inspirasi bagi sekeliling saya.

P.S
mau punya banyak anak dan bikin sekolah TK terus jadi guru bocah-bocah lucu nggemesin.
ppl: "ntar gak beda mana guru mana murid deh ful!"

kalo ada yang mau nonton tp g tau filmnya dimana, bawa hardisk/fd aja, ambil datanya di laptop saya, krg lebih 701 MB.
*tribute to finka~my super sister :)
gak perlu sedarah buat jadi saudara, ya kan sayang?*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar