Kamis, 27 Oktober 2011

Recipe: Puding.

Oke, ini agak lain dari biasanya.
saya mau nulis resep puding. :D

Sebagai penggila puding, saya merasa memiliki kewajiban untuk bisa buat-nya. hahaha. Teori yang aneh, tapi it works sejauh ini. saya cenderung maksain diri untuk masak makanan yang saya suka. soalnya suka kesel sendiri kalau makan jenis makanan yang disuka terus g enak. mending bikin =.=

saya sendiri percaya banget kalau kemampuan masak itu akan hadir sesuai kebutuhan, bahahaha. *pede sejuta* *ditimpuk* its in our blood maksudnya. Bunda dulu g terlalu bisa masak, tapi sekarang masak apapun enak! :D jadi walau sekarang g jago, insyaAllah suatu saat nanti *entah kapan, semoga* bisa masak. Amin.

orang bilang: "puding kan GAMPANG ful"
jawaban saya: 
#1 "ya iya kalo lo bilang puding sama dengan nutrijell."
#2 "gampang atau susah tetep aja bikin fla-nya itu seni"
hahahaha lebay. tapi beneran. saya gak begitu suka sama puding nutrijell. itu mah bukan puding lagian, namanya AGAR-AGAR. bedaaaaaaa! *maksa* Aci juga bisa bikin itu mah! *gak santai*

jawaban #3: "iya emang gampang kok :)"
ini jawaban paling bener.

HERE WE GO! :)

Bahan:
Untuk puding: 
Swalow globe agar-agar powder 1 sachet
Gula Pasir 350 g (1/3 kg) --> tergantung selera sih sbnrnya
Cocoa van houten 90 g
Air 2,5 gelas belimbing (1 gelas belimbing kira2 200 ml)

Untuk fla:
Maizena 3 sdm
Kuning telur 1
Vanilli
Susu kental manis (frisian flag gold recommended)
Fruit cocktail --> ini mah kalau mau aja..

Cara bikin:

1. Puding Coklat
Campur swalow globe, gula 1/3 kg, plus cocoa. Aduk terus. Pas udah kecampur, baru tambah air 2,5 gelas belimbing. Lalu didihkan. Angkat, diemin bentar, terus masukin loyang yang udah diciprat air (jangan dalam kondisi kering loyangnya). Biar si coklatnya nge-blend, masih bisa diaduk pelan-pelan sampai sebelum dingin dan keras. Kalau udah agak keras, bisa dimasukkin ke kulkas (bukan freezer ya).
*) Semua proses ini dari mulai nyampur sampai mendidihkan gak boleh berenti dari kegiatan mengaduk. Tangan pegel pun JANGAN SAMPE BERENTI NGADUK. JANGAN.

2. Fla
Persiapan:
- Susu kental manis dicampur air 3 kaleng. Pake kaleng bekas susu kentalnya. 
- Kuning telur dikocok bentar, campur air setengah cangkir, terus kasih maizena 3 sdm penuh terus aduk rata. Biasanya maizena suka menggumpal. Pastiin kecampur sampe halus.

Susu dan air tadi dimasak sampai HAMPIR mendidih sambil diaduk terus biar susunya gak pecah. Lalu masukkan campuran kuning telur + air + maizena sambil diaduk terus sampai mendidih. Kalau sudah mendidih, tambahkan vanilli dan gula pasir secukupnya. Dinginkan. Tambahkan fruit cocktail kalau mau.

HOREEEE PUDING-NYA JADI! :D
Ini beneran gampang dan sangat disarankan untuk dicoba sendiri. ENAK!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar