LOTR #2

"I wish it need not have happened in my time," said Frodo. "So do I," said Gandalf, "and so do all who live to see such times. But that is not for them to decide. All we have to decide is what to do with the time that is given us." — J.R.R. Tolkien (The Fellowship of the Ring)



Ini Gandalf the old man, the wise man, emang keren.
this quote told us not to complaining about the time we're given.
kalau boleh milih mah, siapa juga yang mau-lah tinggal di waktu/ zaman yang serba kacau seperti ini. Tapi bener, itu diluar kuasa manusia, untuk memutuskan lahir di zaman seperti apa.
"It's not for us to decide"

yet, all we have to do, adalah memutuskan apa yang harus kita LAKUKAN di zaman kayak gini.

manusia banyaknya mengeluh, gak puas, terus aja menyalahkan keadaan.
kok saya terlahir di orangtua yang begini begono nananana
kok saya lahir di zaman yang masih susah ya, coba kalau lalalalala.
kok saya.........
kok saya...........
dan kok saya kok saya yang lainnya.

takdir gak akan salah pilih targetnya,
masa malaikat salah ngirim rizki, ya gak mungkin.

tinggal gimana kita, manusia, si makhluk dengan sifat dasar halu'a (berkeluh-kesah) ini, meresponnya. karena itu yang akan dinilai bukan? respon kita, proses kita, terhadap segala ketetapan Allah.

jadi sekarang pertanyaannya,
bagaimana kita mau merespon takdir kita?

Al Hadits.."Apabila kamu mengetahui bahwasanya syaitan itu tidak pernah lupa (menggoda) kepadamu, maka janganlah kamu lupa kepada ALLAH yang nasibmu ada di dalam kekuasaan-Nya".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah dibalik lecture PHOP, BHP, dan CRP

bocah-bocah