seize the day! #seputaroscesemester4

ini pertama kalinya OSCE yang beneran puas banget.
bukan,
sungguh bukan karena pasti gak remed.

tapi, karena saya ngerasanya ini pertama kalinya OSCE yang saya sampe jumpalitan koprol-kayang gak ngelewatin satu station-pun. OSCE hapal mati means hapalin, abis itu mati, terus bangun, terus hapalin, terus mati, terus bangun, terus hapalin, dst. Jenuh? Jangan ditanya. Musuh paling besar dari persiapan OSCE adalah capenya mengulang ulang ulang ulang sampai bisa.

OSCE saya yang gak remed sama sekali cuma satu, pas FBS (semester 1). Di tahun-tahun berikutnya, saya SUKSES melakukan kebodohan-kebodohan tingkat tinggi yang anehnya, berkisar di hal yang sama.

RPS
Saya gak ikut skills lab breast exam, gak ikut susulan juga karena saya gak tau, GAK TAU men. HP saya nge-hang (ini penyakit lama yang parah), dan saya baru tau ada susulan pas jam 3 sore-nya. what a fool banget. dan saya bukan tipe orang yang bisa langsung ngerti kalo cuma dijelasin gitu doang sama temen. dan breast exam, saya cuma dengerin orang aja jelasin, TANPA mempraktekkan sebelumnya #carimati.

saya SUKSES remedial.


EMS-NBSS
Kejadiannya sama, saya gak ikut skills-labnya, dan gak ikut susulannya (ini parah banget, gak belajar dari kesalahan). Station-nya: DIABETIC FOOT CARE. Bedanya adalah, kasus ini TOTALLY saya lepas, modulnya gak saya baca sama sekali. pas sebelum masuk ruangan OSCE, temen2 udah ngingetin untuk at least baca, tapi entah kenapa saya gak mau. waktu itu saya fokus hapalin yang lain. saya pede banget ini station gak keluar.

pas OSCE, liat di depan pintu kertas soal dengan tulisan: PLEASE PERFORM DIABETIC FOOT CARE EDUCATION FOR THIS PATIENT, saya ngerasa kayak disamber geledek.



masuk ruangan, wajah saya udah pasrahhh sepasrah-pasrahnya. di dalem malah curhat sama dokternya:
"dok, saya gak ikut sama sekali, terus juga susulannya gak ikut dok, lalalala, ......" untung dosennya baik banget, bukannya ngatain: "APA PEDULI GUWEH, SALAH LO SENDIRI, ANAK TIDAK TAHU DIUNTUNG, KELUAR KAMU DARI RUMAH, KAMU BUKAN ANAK MAMA" *loh ko jadi sinetron, ngggeeeng*

Dia malah encourage saya untuk setidaknya ngomong dan jelasin sesuatu. Jadilah saya ngeCABLAK selama sisa waktu tentang apa yang saya lihat diruangan itu dan SOK-SOK mengaitkannya.

Parah? Sungguh parah. Apa yang coba SOK-SOK saya kaitin SALAH TOTAL, cermin buat apa malah buat apa, batu gosok buat apa malah saya bilangnya buat apa, ngaco sekali, dan saya pengen ditelen bumi saat itu.

sungguh memalukan. sungguh.
#jedukjedukfrustasi

Nah, yang sekarang : DMS-HIS
Saya ikut semua station, gak ada susulan sama sekali, dan gak ada kasus yang saya lewat. Secara usaha saya betul-betul mengupayakan yang terbaik di OSCE kali ini, Insya Allah.

dan apapun hasilnya, enggak remed ato malah remed 1/2/3/dst,
saya tetep puas dgn proses saya menjalani OSCE kali ini.
walau tetep aja, hasil remed HARUS selalu jadi bahan evaluasi.

tapi saya puas.

mungkin ini sama aja kayak SOOCA (SOOCA impian saya)
seneng dapet nilai gede bukan karena emang dapetnya kasus yang kita bisa banget dan dokternya baik.
tapi karena SEMUA KASUS udah menguasai, jadi mau kasus apapun dan dokter apapun, dan hasilnya apapun, tetep bersyukur.

ini nih yang berat,
kalo udah tatarannya hasil,
untuk fokus pada NILAI sebuah PROSES itu sulit sekali.
untuk tetep bersyukur, walau nilai kecil tapi dibelakangnya ada usaha yang GILA-GILAAN, itu g gampang. Seriusan.

Dibutuhkan keyakinan yang kuat terhadap nilai proses,
dan keyakinan bahwa segala, SEGALA, yang dilakukan tidak akan luput dari penghitungan Allah.

dan bahwa hasil yang ada hanyalah satu dari sekian banyak ketetapan Allah yang terjadi pada diri kita, dan adalah hak prerogratif Allah untuk menentukannya.

Sulit, tapi harus selalu diupayakan.
Bukankah Allah itu Maha Adil? :)

OSCE: ujian kemampuan klinis di fakultas kedokteran. Biasanya pake bell tot-tat-tet-tot yang setiap di bel kita pindah ruangan, dimana di tiap ruangan diujikan satu kemampuan klinis. Biasanya sekali OSCE ada kurang lebih 10 station.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

bocah-bocah

Kisah dibalik lecture PHOP, BHP, dan CRP