to stop complaining, that's the toughest part.


seorang tante yang juga seorang dokter yang juga spesialis anasthesi yang juga konsulen anasthesi pediatric yang juga dosen FK UI always tell me this:

"if you want to be a doctor, work hard and never complain"

the part of working hard, it's like everybody knows that, sejak jidat lo terstempel anak kedokteran, effort lo about anything harus gila-gilaan. semales-malesnya orang di fk, dia pasti masih mikirin akademik-nya. seenggaknya satu kasus SOOCA hapal-lah. setidaknya ujung-ujungnya lo harus lulus OSCE dan dapet A.

but the second part, untuk gak pernah mengeluh, that's the toughest one. ini yang saya sadari, setiap saya pulang ke rumah, di jalan naik angkot yang kurang lebih ngabisin waktu sejam, bahkan biasanya lebih, untuk gak nyesek, untuk gak pengen nangis, untuk gak menyesal, itu susahnya minta ampun. Apa karena sifat dasar manusia emang Halu'a (berkeluh-kesah) jadinya seperti ini ya?

A friend of mine, sebut saja si Nadine, pas pulang bareng saya di sore hari yang cerah (biasanya saya g pulang bareng dia, karena saya -hampir- selalu pulang malam) bilang, dia heran sekali sama saya. di tengah padetnya kegiatan saya, ko tetep bisa ngerjain LI sampe selesai, ngerjain soal-soal, dsb. Halah, andai dia tahu betapa inginnya saya seperti dia terkadang, abis kuliah langsung pulang, langsung belajar sampe puas dan ngerti, di kampus sehat wal-afiat gak sering2 ngantuk.

dan sedihnya adalah, perasaan ini, yang terus menerus coba saya tekan selama ini, muncul lagi tadi, di angkot sesudah saya pulang MSG, di saat saya udah mau ujian.

dan perasaan ini sungguh mengganggu.

halaaaahh, ini jadi mello-mello gak penting.
bangkit, bangkit. GEBRAKK OYY!

Bismillah, tiada daya dan upaya kecuali milik Allah.

ini saatnya ngeluarin jempol sakti si power ranger:
mantap gan!

saya baru nyadar kalo ada power ranger yang dinomorin, hahaha.
*tanda di dada-nya itu nomer lo*


Komentar

  1. tenang aja puull...emang kalo kamu bisa kaya yang kamu pengenin sekarang *kuliah langsung pulang, langsung belajar sampe puas dan ngerti, di kampus sehat wal-afiat gak sering2 ngantuk*..kamu bakal ga mikirin yang lain yang kamu ga punya?

    ayo rinto,,cepet pergi dari fulki.

    semangat ya.. :)

    BalasHapus
  2. makasih mi :*

    hush hush rinto pergi jauh.

    iya mi, kadang2 kita susah sekali puas sama kondisi diri ya :)

    makasih mi, bikin aku mikir juga,hehehehe.

    BalasHapus
  3. hahahaha...
    kita dua orang yang sangat berbeda tapi alhamdulillah sering banget Allah satukan dalam berbagai momen..
    dan disaat lu lagi rinto, gw semangat '45..
    pas gw lagi rinto, lu yang semangat...
    semoga kita bisa saling menyemangati terus, yaa... ^^

    fulki, aku terkadang iri sama kamu..
    iri karena kamu bisa bangkit sendiri ketika lagi rinto gitu.. gak perlu khawatir, ful.. karena ini hanya akan berlalu seperti biasanya... ^^

    BalasHapus
  4. huaaaa, rimbendibendominyonyooo.
    *sebenernya apa yang aku tulis sih, hahah*

    iya ben, alhamdulillah ketemu kamu banget deh :*
    hehehe, temen pulang dan temen diskusi juga.
    siiip, saling mengingatkan ya.

    hahahaha, ketempa terlalu mandiri kali ben.
    untuk bisa bangkit dan melawan diri sendiri sejatoh apapun. tapi ada saatnya enggak juga ben (walo sejauh ini alhamdulillah belum pernah).

    sayang rimaaa :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

bocah-bocah

Kisah dibalik lecture PHOP, BHP, dan CRP