Sabtu, 22 Januari 2011

the blind side


selesai nonton the blind side, filmnya bagus :)

ceritanya tentang laki2 kulit hitam namanya Michael Oher. Dia semacam ditampung dan diadopsi sama keluarga kulit putih gitu, dan sejak itu dunianya berubah. Dia dikasih makan, dibeliin baju, dikasih tempat tinggal, dikasih guru privat, pokoknya beneran dianggap seperti anak sendiri. Ini ibu angkatnya sebenernya yang bela-belain banget.

badannya besar sekali, tapi hatinya lembut. dia masuk ke tim footbal (bukan sepakbola yah, itu mah soccer) dan jadi semacam orang yang ngejagain quarterback. protective instinct-nya 98%. lucu deh, kan football itu olahraga kasar, dan emang tugasnya dia NGEJATUHIN/NGEDORONG orang, tapi dia malah takut nyakitin lawan. ini beneran badan rambo hati rinto.

akhirnya dia dapet beasiswa untuk lanjut ke kuliah. jadi terkenal karena main football. nah, untuk dapet beasiswa selain prestasi olahraga yg harus dia punya, IPK-nya dia harus > 2.5. awalnya nilainya dia D/E semua gitu, tapi lama kelamaan dengan bantuan keluarga barunya nilainya makin baik. Hingga sampe suatu saat, tinggal satu guru yang ngasih dia nilai jelek banget. untuk remedial dia diharuskan membuat essay.


Ini kurang lebih penggalan essay-nya:
(sebenernya ini semacam dia curhat, tapi beneran bagus essay-nya? <3)
"courage is a hard thing to figure
you can have a courage based on a dumb idea or a mistake,
but you're not supposed to question adults,
or your coach, or your teacher because they make the rules
maybe they know best
but maybe they don't
it all depends on who you are,
where you come from
didn't at least one of the 600 guys think about giving up and joining with the other side?
I mean, valley of death,
thats pretty salty stuff
thats why courage is tricky
should you always do what others tell you to do?
sometimes you might not even know why you're doing something
I mean, any fool can have courage
But honor, thats the real reason you either do something or you don't
it's who you are,
and maybe who you want to be
if you die try for something important
then you have both honor and courage,
and thats pretty good
I think thats what the author try to saying
That you should hope for courage, and try for honor
and maybe even pray that the people telling you what to do, have some too."

unik banget sampe dia bisa bikin essay ini, gara2 ayah angkatnya bacain puisi, tentang tim yang kurang lebih gagal gara2 leadernya, a.k.a si coach-nya. orang yang dia bilang "people telling you what to do":
"That you should hope for courage, and try for honor and maybe even pray that the people telling you what to do, have some too"
ya kurang lebih gitulah ya, sama aja kaya american-film pada umumnya, endingnya pasti -dan memang- mengharu-biru (now I'm being sarcastic, gyahaha).
overall, filmnya bagus, dan banyak yang bisa diambil :)


NB: dan akting sandra bullock (ibu angkatnya) disini MUCH MUCH BETTER dibanding film-filmnya dia yang sekarang2, yang cheesy cheese roll apalah itu.

oya, kenapa blind side?

jadi kalo g salah, ada yang namanya quarter back, nah dia ini kerjanya MAHADEWA bangetlah. dia semacam first-line defense dari tim. katanya biasanya quarterback ini gajinya paling gede, karena paling rawan cedera. nah tapi sesempurna-sempurnanya quarter-back, tetep ada titik/sisi yang gak bisa dia handle, sisi itulah yang disebut the blind side. dan itulah kerjaannya si michael oher, menjaga blind side quarter-back.
*mudah-mudahan gak sotoyisme*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar