Rafting#1: Fight or Flight.

"Ragu-ragu kembali sekarang juga"

Orang yang pernah masuk ke situ lembang tempat latihan kopassus pasti tau tulisan ini, yang kepampang gede banget di gerbang masuknya. prinsip yang sama kalo kata saya berlaku di ilmu kedokteran. Tau "fight or flight response"? yah cari aja ya maksudnya, tapi intinya mah itu tadi. G setengah-setengah. Ragu-ragu mendingan balik, g usah sekalian. Tapi kalau udah bilang iya, siap, ya total. Point of no return-lah bahasanya. 

Akhirnya sampe juga ke rumah setelah dari kemaren malem di garut. Sekarang ngeblog sambil tangan agak gemetar2 unyu dan pusing tapi tetep pengen nulis. Hehehehe. Kenapa gemetar? selain karena jadi kuli dayung hampir seharian tadi, setelah bersih-bersih badan saya baru liat badan saya lecet2, terutama daerah tangan. Munyaaa~

Kenapa prolog post-nya begitu? Jauh amat dari rafting ke kopassus..
G jauh kok, deket malah. Yang satu situ lembang satu lagi garut. Masih jawa barat lah dua2nya. *ditimpuk ibu2 pake selop*. Hehehe sungguh bukan itu. 

Respon temen2 saya (beberapa sih, yang tau doang) waktu saya bilang mau rafting tapi dua hari dan HA MIN SATU UJIAN COMPRE beda-beda. tapi umumnya mengarah ke hal yg sama: "MANEH GAK GILA KAN FUL?" Apalagi cendol, muehehe my lovely abang yang selalu jadi satpam belajar dan galak banget kalo udah begini2 (tapi semakin lama dia semakin mengerti kegilaan temennya ini, semakin biasa lebih tepatnya, apalagi pas insiden thailand di H-6 SOOCA) :* ada juga yang bilang (tapi menurut saya mah nyepet, hehehe) "yah, kamu kan udah ngerti manajemen prioritas, mantan kabid 1 :)".

saya tipe orang yang apa ya? hm, ambil kesempatan selagi ada. apalagi ini bukan rafting biasa yang bisa saya lakuin diain waktu sama temen2 lain. acaranya 2 hari 1 malem bareng anak2 mahawarman. banyak yang pengen saya dapet dan pelajari, untuk beberapa sebab saya g bisa bilang karena takut penjelasan saya g tepat dan malah bikin spekulasi. jadi intinya saya pengen bilang kalau niat saya ikut rafting bukan refreshing dan main. titik.

ditambah lagi, resistensi belajar saya makin kesini makin tinggi. ini pengen saya tulis di postingan yang berbeda secara detail karena ada banyak hal yang berubah mengenai prinsip saya tentang belajar. saya belajar sooca H-3 ditambah lagi di hari H saya masih belum sama sekali baca materi famed (semacam 10 kasus -,-) dan saya masih bisa tidur nyenyak lamaaaa, belajar osce H-1.5; di H-1 saya balik ke rumah agak malem abis belajar sm temen2, baru belajar 9 station, dan masih bisa tidur 8 jam malem itu. tapi ketenangan saya justru paling tinggi dengan belajar yang cuma segitunya. waktu sempit tapi fokus terus pas hari H-nya tenang luar biasa. 

tenang apa pasrah? 
g ngerti. 

kedua hal tadi yang ngebuat saya sesungguhnya sama sekali g ngerasa bersalah ikut rafting H-1 COMPRE. Respon fisiologis tetep aja mempertanyakan "ini bener g ya?" respon wajar dan justru harus. tapi ya tadi, nilai "fight or flight"-nya jangan hilang. jangan sampe pas saya lagi di jeram terus kepikiran compre dan nyesel2, bener2 g ada gunanya. dengan nyesel saya g tambah pinter juga (da g mungkin belajar), dan justru malah bisa celaka karena pas jeram g konsentrasi. 

"Ragu-ragu kembali sekarang juga"

dan lagi, dari kemaren sampe sekarang saya dapet ilmu banyaaaak banget. bikin saya bener-bener g nyesel. sama sekali.
*semoga tetep bisa ngomong gini pas beres compre. :D

hari ini segini dulu, pusing pisan.
insyaAllah ada lanjutannya, hehe.
cape pisan tapi seneng dan dapet banyak. 

setelah briefing jam 11 malam kemaren, start persiapan jam 5 pagi, jam 7-nya ambil perahu di Uniga, pompa, bawa perahu ke sungai (yaAllah itu perahu beratnya kaya apa g ngerti lagi T________T sampe bawanya akhirnya pake kepala, g kuaaat >.<), pemanasan, pre-pengarungan,  pengarungan awal, simulasi dan materi, pengarungan akhir, finish, dan bawa lagi perahu ke atas. 

masuk sungai jam 9, sampe titik finish hampir jam 3 sore. jadi total pengarungannya aja hampir 6 jam. *mabok* plus tadi HUJAN GEDE BANGET, air sungai naik, arus makin kenceng dan jadi kuli dayung dadakan (seriusan, hujan membuat capeknya berlipat-lipat). bersih-bersih dan evaluasi. evaluasi baru start jam 7 mlm, beres eval langsung cao ke bandung.

demikian rundown hari ini.
ah seneng, alhamdulillah! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bocah-bocah

Kisah dibalik lecture PHOP, BHP, dan CRP